Kunjungan Utusan Khusus ASEAN ke Myanmar Picu Kecaman Kubu Oposisi

Selasa, 22 Maret 2022 - 02:30 WIB
loading...
Kunjungan Utusan Khusus ASEAN ke Myanmar Picu Kecaman Kubu Oposisi
Kunjungan Utusan Khusus ASEAN ke Myanmar Picu Kecaman Kubu Oposisi. FOTO/Myanmar Military
A A A
YANGON - Utusan khusus ASEAN untuk Myanmar , Prak Sokhonn, memulai kunjungan ke Maynamar pada Senin (21/3/2022). Kunjungan yang diklaim untuk mengakhiri permusuhan di Myanmar ini disambut kemarahan dari kelompok-kelompok oposisi.

Seperti dilaporkan Reuters, kubu oposisi mengatakan, kunjungan Sokhonn itu menunjukkan penghormatan kepada penguasa militer Myanmar dan penghinaan terhadap kehendak rakyat Myanmar. Pihak berwenang di Kamboja, ketua ASEAN saat ini, bungkam soal jadwal Sokhonn ke Myanmar.



Media pemerintah Myanmar menunjukkan rekaman pertemuan Sokhonn dengan Kepala Junta, Min Aung Hlaing pada awal perjalanan tiga hari. Kunjungan ini bertujuan untuk memulai proses perdamaian yang disepakati para jenderal tahun lalu.

Media MWD yang dikendalikan militer mengatakan di saluran Telegramnya, bahwa pembicaraan antara keduanya termasuk diskusi tentang status rencana perdamaian ASEAN dan bantuan kemanusiaan.

Menurut beberapa media independen Myanmar, Sokhonn juga akan bertemu dengan partai politik yang tidak ditentukan, tetapi pembicaraan dengan perwakilan tentara etnis minoritas telah dibatalkan.



Radio Free Asia, mengutip sejumlah sumber, mengatakan, Sokhonn akan bertemu dengan perwakilan Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD), partai mantan pemimpin Myanmar yang ditahan Aung San Suu Kyi. Reuters tidak dapat menghubungi NLD untuk konfirmasi.

Myanmar mengalami kekacauan setelah kudeta 13 bulan lalu, yang memicu protes dan pemogokan nasional dan permusuhan di pedesaan antara pasukan dan kelompok bersenjata yang bersekutu dengan pemerintah Aung San Suu Kyi.

Pada hari Senin, sebuah kelompok yang disebut Badan Koordinasi Pemogokan Umum, dalam sebuah pernyataan yang dikatakan mewakili 36 masyarakat sipil dan organisasi non-pemerintah, mengatakan rekomendasi oleh para Menteri Luar Negeri ASEAN pada pertemuan bulan lalu diabaikan oleh utusan tersebut, yang katanya mendukung junta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1085 seconds (0.1#10.140)