Terpantau Jepang, 4 Kapal Perang Besar Rusia Diduga Menuju Ukraina

Sabtu, 19 Maret 2022 - 00:52 WIB
loading...
Terpantau Jepang, 4 Kapal Perang Besar Rusia Diduga Menuju Ukraina
Salah satu kapal perang Rusia sarat dengan kendaan tempur melintasi perairan dekat Jepang dan diduga akan menuju Ukraina. Foto/Japan Joint Staff via Kyodo
A A A
TOKYO - Empat kapal perang besar Rusia yang membawa lebih dari selusin truk militer terlihat berlayar melewati timur laut Jepang, diduga menuju Ukraina yang sedang diinvasi.

Kementerian Pertahanan Jepang membagikan foto salah satu kapal perang amfibi, yang biasanya digunakan untuk mendarat, sarat dengankendaraantempur.

Seorang juru bicara Kementerian Pertahanan mengatakan mereka tidak tahu persis ke mana arah kapal-kapal itu, tetapi kementerian itu menduga mereka menuju Ukraina.

Kapal-kapal itu pertama kali terdeteksi pada hari Selasa oleh patroli maritim Pasukan Bela Diri Jepang, di mana para pejabat memantau mereka ketika mereka lewat dari Samudra Pasifik ke laut Jepang dan melewati Selat Tsuruga, yang memisahkan pulau Honshu dari pulau Hokkaido.



Seorang juru bicara militer Jepang, seperti dikutip Reuters, Jumat (19/3/2022), mengatakan sangat tidak biasa bagi kapal-kapal Rusia untuk lewat begitu dekat dengan wilayah Jepang.

Awal pekan ini, Departemen Pertahanan Inggris mengungkapkan bahwa Rusia semakin berusaha untuk menghasilkan pasukan tambahan untuk meningkatkan dan mengganti kehilangan personelnya di Ukraina.

“Sebagai akibat dari kerugian ini, kemungkinan Rusia sedang berjuang untuk melakukan operasi ofensif dalam menghadapi perlawanan Ukraina yang berkelanjutan. Kehilangan personel yang berkelanjutan juga akan mempersulit Rusia untuk mengamankan wilayah yang diduduki,” kata departemen tersebut.

Oleh karena itu, Rusia memanggil pasukan dari tempat yang jauh seperti Distrik Militer Timur, Armada Pasifik, dan Armenia.

“Itu juga semakin berusaha untuk mengeksploitasi sumber-sumber tidak teratur seperti perusahaan militer swasta, Suriah dan tentara bayaran lainnya,” kata departemen itu.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1086 seconds (0.1#10.140)