Kremlin pada Biden: AS Tak Berhak Ceramahi Rusia soal Kejahatan Perang

Jum'at, 18 Maret 2022 - 02:49 WIB
loading...
Kremlin pada Biden: AS Tak Berhak Ceramahi Rusia soal Kejahatan Perang
Kremlin pada Biden: AS Tak Berhak Ceramahi Rusia soal Kejahatan Perang. FOTO/Reuters
A A A
MOSKOW - Kremlin menyatakan bahwa klaim Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang menyebut Presiden Rusia Vladimir Putin adalah "penjahat perang" karena menyerang Ukraina adalah pernyataan yang tak termaafkan. Terlebih, kalimat itu diucapkan oleh pemimpin negara yang telah membunuh warga sipil dalam konflik di seluruh dunia.

Dalam percakapan dengan seorang reporter pada hari Rabu, Biden berkata, "Oh, saya pikir dia adalah penjahat perang," setelah awalnya menjawab dengan "tidak" untuk pertanyaan tentang apakah dia siap untuk memanggil Putin seperti itu.



Pernyataan Biden itu langsung memantik reaksi keras Kremlin. "Presiden kami adalah tokoh internasional yang sangat bijaksana, berwawasan luas dan berbudaya, serta kepala Federasi Rusia, kepala negara kami," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov ketika ditanya tentang pernyataan Biden, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (18/3/2022).

"Pernyataan seperti itu oleh Tuan Biden benar-benar tidak dapat diterima, tidak dapat diterima, dan tidak dapat dimaafkan," kata Peskov. "Hal utama adalah bahwa kepala negara yang telah bertahun-tahun mengebom orang di seluruh dunia, presiden negara seperti itu tidak berhak membuat pernyataan seperti itu," lanjutnya.

Peskov mengatakan, AS telah mengebom Jepang pada tahun 1945, menghancurkan kota-kota Hiroshima dan Nagasaki. Jepang menyerah enam hari kemudian, mengakhiri Perang Dunia Kedua. Sekitar 200.000 orang tewas seketika oleh bom dan banyak lagi yang meninggal karena penyakit radiasi.



Sebelumnya, Rusia telah memperingatkan AS pada Kamis, bahwa Moskow memiliki kekuatan untuk menempatkan negara adidaya terkemuka di dunia di tempatnya dan menuduh Barat memicu plot Russophobic liar untuk menghancurkan Rusia.

Dmitry Medvedev, yang menjabat sebagai presiden dari 2008 hingga 2012 dan sekarang menjadi wakil sekretaris Dewan Keamanan Rusia, mengatakan, AS telah memicu Russophobia "menjijikkan" dalam upaya untuk memaksa Rusia bertekuk lutut.

"Itu tidak akan berhasil. Rusia memiliki kekuatan untuk menempatkan semua musuh kita yang kurang ajar di tempat mereka," kata Medvedev.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1884 seconds (0.1#10.140)