Netanyahu: Putin Selamatkan Israel dari Resolusi PBB Soal Palestina

loading...
Netanyahu: Putin Selamatkan Israel dari Resolusi PBB Soal Palestina
Presiden Rusia Vladimir Putin menyambut PM Israel Benjamin Netanyahu di Kremlin, Moskow, Rusia, pada 2019. Foto/REUTERS
TEL AVIV - Presiden Rusia Vladimir Putin menyelamatkan Israel dari potensi resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) pada 2016 yang akan memaksa Israel membentuk negara Palestina sesuai perbatasan 1948.

Informasi itu diungkapkan oleh Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu. Menurut surat kabar Israeli Hayom, sekitar enam bulan lalu, Netanyahu menyatakan dia meminta seorang teman yang dia sebut pemimpin salah satu superpower yang memegang hak veto di Dewan Keamanan PBB untuk menolak resolusi. Pemimpin itu, menurut Netanyahu, menyelesaikan misi itu.

Surat kabar itu melaporkan lebih rinci kemarin dengan menambahkan, Netanyahu menyebut AS di era mantan Presiden Barack Obama mempelopori Resolusi Dewan Keamanan PBB 2334, yang menyatakan Israel melanggar hukum internasional di wilayah Palestina yang diduduki pada 1967.

Setelah diinformasikan rincian resolusi itu pada November 2016, Netanyahu menelpon Putin dan menjelaskan itu akan mengacaukan stabilitas regional dan merugikan Israel.



Israeli Hayom menambahkan, Netanyahu meminta Putin menyatakan bahwa dia ingin menggunakan hak vetonya untuk mematikan resolusi itu. Tapi Putin menolak.

Dua bulan sebelum dia melepas jabatan, Obama menyusun resolusi lain yang akan mengharuskan Israel menerima negara Palestina berdasarkan perbatasan 1948.

Sekali lagi, Netanyahu meminta bantuan Putin dan menjelaskan padanya bahwa resolusi baru Obama akan sangat merugikan Israel dan dapat mengacaukan kawasan. (Lihat Video: Evakuasi Seorang Remaja di Bombana yang Dililit Ular Berjalan Dramatis)



Putin diyakinkan, menurut Netanyahu, dan sepakat bahwa jika resolusi itu akan divoting, Rusia akan menggunakan veto untuk memaksa Obama meninggalkan rencananya. (Lihat Video: Pemuda di Jombang Membuat Miniatur Sepeda dari Sampah)
(sya)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top