AS Peringatkan India Berpikir 2 Kali sebelum Beli Minyak Murah Rusia

Rabu, 16 Maret 2022 - 12:06 WIB
loading...
A A A
Komentar Psaki muncul setelah dua pejabat India mengatakan kepada Reuters bahwa New Delhi saat ini sedang mempertimbangkan tawaran Rusia, dengan satu catatan negaranya kemungkinan akan menerimanya.

Laporan lain juga menunjukkan India dan Rusia saat ini sedang menyusun mekanisme perdagangan bilateral yang melibatkan rupee dan rubel.

Sementara India saat ini hanya mengimpor sekitar 3% minyaknya dari Rusia, meroketnya harga yang naik 40% sepanjang tahun ini dapat membuat proposal Moskow lebih menarik.

Sekretaris Pers Gedung Putih juga diminta berbicara tentang laporan bahwa Arab Saudi dapat segera menjual minyaknya yang berlimpah dengan mata uang China, yuan, dan para pejabat dalam "pembicaraan aktif" untuk pengaturan semacam itu.

Namun dia menolak berkomentar, mengatakan dia tidak akrab dengan diskusi itu.

Sampai saat ini, India telah menolak bergabung dengan Amerika Serikat dan daftar panjang sekutu Barat dalam mengutuk aksi militer Rusia di Ukraina.

India abstain dari pemungutan suara PBB untuk mengecam Rusia awal bulan ini.

Ukraina mengutuk serangan itu sebagai tidak beralasan. Moskow mengatakan "operasi khusus" bertujuan "demiliterisasi" dan "denazifikasi" negara itu setelah bertahun-tahun pertempuran antara pemerintah Kiev dan pasukan separatis di wilayah Donbass.

(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1614 seconds (0.1#10.140)