Selamat Tinggal Petrodolar? Arab Saudi Terima Yuan China untuk Pembelian Minyak

Rabu, 16 Maret 2022 - 08:16 WIB
loading...
Selamat Tinggal Petrodolar? Arab Saudi Terima Yuan China untuk Pembelian Minyak
Ilustrasi mata uang yuan dan ladang minyak. Foto/moderndiplomacy.eu
A A A
RIYADH - Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov pada Selasa (15/3/2022) mengatakan pembicaraan di Wina untuk menghidupkan kembali Rencana Aksi Komprehensif Gabungan (JCPOA) “telah memasuki batas.”

Arab Saudi sangat menentang kesepakatan nuklir yang membatasi produksi uranium Iran dengan imbalan mencabut sanksi ekonomi Amerika Serikat (AS) tersebut.

“Sebagai bagian dari tren penolakan terhadap Washington yang berkelanjutan, Riyadh dilaporkan mempertimbangkan menetapkan harga beberapa penjualan minyaknya dalam yuan China, bukan dolar Amerika Serikat,” papar laporan Wall Street Journal pada Selasa.



Menurut surat kabar itu, pembicaraan telah berlangsung selama enam tahun, tetapi telah dipercepat dalam beberapa pekan terakhir karena meningkatnya frustrasi di Riyadh dengan Washington.



Kekecewaan Saudi itu termasuk atas permusuhan pemerintahan Biden terhadap perang koalisi yang dipimpin Saudi di Yaman dan niatnya menghidupkan kembali kesepakatan nuklir Iran 2015.



“Dinamika telah berubah secara dramatis. Hubungan AS dengan Saudi telah berubah, China adalah importir minyak mentah terbesar di dunia dan mereka menawarkan banyak insentif yang menguntungkan bagi kerajaan," papar seorang pejabat Saudi yang akrab dengan pembicaraan tersebut kepada WSJ.

Pejabat Saudi itu menambahkan, “China telah menawarkan semua yang bisa Anda bayangkan kepada kerajaan.”

Setelah berita tentang kesepakatan potensial pecah pada Selasa, nilai yuan luar negeri melonjak relative tinggi terhadap dolar AS selama perdagangan Asia, Bloomberg melaporkan.

Namun, nilai yuan tetap turun relatif terhadap nilainya hanya beberapa hari yang lalu.

Ketika ditanya seorang reporter tentang kesepakatan yang dikabarkan pada Selasa, seorang juru bicara Departemen Luar Negeri AS mengatakan AS tidak meminta sekutunya memilih antara mereka dan China.

Penurunan pembelian minyak yang dilakukan dalam dolar AS berarti lebih sedikit pembeli internasional yang akan memiliki surplus mata uang AS yang perlu didaur ulang, yang biasanya dilakukan melalui perdagangan atau investasi.

Sebaliknya, petroyuan akan meningkatkan dinamika yang sama untuk China, yang berpotensi mengarah pada peningkatan perdagangan dan investasi.

Petroyuan tersebut kemudian dapat didaur ulang untuk membayar, misalnya, untuk proyek infrastruktur Belt and Road Initiative yang ditanggung Beijing.

China sudah membeli seperempat dari ekspor minyak besar-besaran Arab Saudi, yang terbesar di dunia, dan sejak 2018, Beijing telah menawarkan kontrak minyak dengan harga renminbi.

Pekan lalu, Saudi Aramco, perusahaan minyak milik negara kerajaan, mengumumkan akan membantu membangun kilang minyak dan petrokimia baru yang besar di timur laut China.

Fasilitas ini akan mampu memproduksi 300.000 barel minyak per hari dan akan memiliki 1,5 juta metrik ton per tahun ethylene cracker dan 1,3 juta metrik ton per tahun unit paraxylene.

Kabar tersebut muncul setelah penguasa Arab Saudi dan Uni Emirat Arab sama-sama menolak menjawab panggilan telepon dari Gedung Putih.

AS telah lama menikmati hubungan strategis yang erat dengan dua negara Arab pengekspor minyak, dan Presiden AS Joe Biden mencari mereka untuk meningkatkan produksi minyak untuk mengimbangi hilangnya minyak Rusia karena boikot AS.

Kesepakatan serupa di awal 1980-an membantu menciptakan kekenyangan di pasar minyak yang meruntuhkan nilainya, mendorong Uni Soviet ke dalam resesi pertamanya dan menumbangkan negara sosialis pada 1991.

Saat AS telah lama lepas tangan tentang politik Saudi, Biden jauh lebih kritis daripada para pendahulunya, dan dianggap merusak hubungan AS-Saudi.

Tahun lalu, pemerintahan Biden mengklaim mengakhiri dukungan ofensif untuk perang Arab Saudi melawan gerakan Houthi Yaman, yang menggulingkan Presiden Yaman Abdrabbuh Mansour Hadi pada 2015.

Sekitar 400.000 warga Yaman telah tewas sejak perang dimulai pada 2015, lebih dari setengahnya karena terhadap kehancuran total infrastruktur dan blokade Saudi terhadap negara itu, menurut PBB.

Terlepas dari klaim tersebut, bom buatan AS dilaporkan masih jatuh di kota-kota Yaman.

Juga pada 2021, file yang tidak diklasifikasikan dari Kantor Direktur Intelijen Nasional AS ditunjukkan untuk mengklaim bahwa Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman secara langsung terhubung dengan pembunuhan pada 2018 terhadap jurnalis Saudi Jamal Khashoggi di konsulat Saudi di Istanbul, Turki.

Putra mahkota telah membantah keterlibatannya. Pada 2019, Biden mengatakan dia akan “membuat mereka membayar harganya, dan membuat mereka menyadari fakta sebagai paria.”

Dalam wawancara dengan The Atlantic awal bulan ini, putra mahkota Saudi mengatakan kepada majalah itu, "Sederhananya, saya tidak peduli" apakah Biden memahaminya atau tidak.

“Terserah dia untuk memikirkan kepentingan Amerika. Pergi untuk itu,” tegas Putra Mahkota Saudi.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1418 seconds (0.1#10.140)