Selamat Tinggal Petrodolar? Arab Saudi Terima Yuan China untuk Pembelian Minyak

Rabu, 16 Maret 2022 - 08:16 WIB
loading...
Selamat Tinggal Petrodolar? Arab Saudi Terima Yuan China untuk Pembelian Minyak
Ilustrasi mata uang yuan dan ladang minyak. Foto/moderndiplomacy.eu
A A A
RIYADH - Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov pada Selasa (15/3/2022) mengatakan pembicaraan di Wina untuk menghidupkan kembali Rencana Aksi Komprehensif Gabungan (JCPOA) “telah memasuki batas.”

Arab Saudi sangat menentang kesepakatan nuklir yang membatasi produksi uranium Iran dengan imbalan mencabut sanksi ekonomi Amerika Serikat (AS) tersebut.

“Sebagai bagian dari tren penolakan terhadap Washington yang berkelanjutan, Riyadh dilaporkan mempertimbangkan menetapkan harga beberapa penjualan minyaknya dalam yuan China, bukan dolar Amerika Serikat,” papar laporan Wall Street Journal pada Selasa.



Menurut surat kabar itu, pembicaraan telah berlangsung selama enam tahun, tetapi telah dipercepat dalam beberapa pekan terakhir karena meningkatnya frustrasi di Riyadh dengan Washington.



Kekecewaan Saudi itu termasuk atas permusuhan pemerintahan Biden terhadap perang koalisi yang dipimpin Saudi di Yaman dan niatnya menghidupkan kembali kesepakatan nuklir Iran 2015.



“Dinamika telah berubah secara dramatis. Hubungan AS dengan Saudi telah berubah, China adalah importir minyak mentah terbesar di dunia dan mereka menawarkan banyak insentif yang menguntungkan bagi kerajaan," papar seorang pejabat Saudi yang akrab dengan pembicaraan tersebut kepada WSJ.

Pejabat Saudi itu menambahkan, “China telah menawarkan semua yang bisa Anda bayangkan kepada kerajaan.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2052 seconds (0.1#10.140)