Korban banjir di Mozambik menyentuh angka 40 jiwa

Senin, 28 Januari 2013 - 08:00 WIB
Korban banjir di Mozambik menyentuh angka 40 jiwa
Korban banjir di Mozambik menyentuh angka 40 jiwa
A A A
Sindonews.com – Korban tewas akibat bencana banjir di Mozambik telah menyentuh angka 40 jiwa, Minggu (27/1/2013). Jumlah tewas bertambah, setelah ditemukan 4 jenazah di Kota Chokwe, lokasi bencana banjir terparah.

"Mereka menemukan empat mayat dalam 24 jam terakhir," kata Walikota Chokwe, Jorge Makwakwa. Ia menuturkan, akibat banjir yang melanda kotanya, jalan-jalan di kota itu penuh dengan bangkai hewan membusuk.

"Saya memobilisasi pekerja untuk memindahkan mayat, tetapi kita perlu masker dan sarung tangan," katanya. Selain korban tewas, banjir juga memaksa 100 ribu orang untuk mengungsi dan meninggalkan kediaman mereka.

Banjir tak hanya melanda Mozambik, sejumlah negara di wilayah itu juga terkena dampak dari meluapnya sungai Limpopo. Afrika Selatan dan Zimbabwe adalah dua negara lain yang juga dilanda banjir, setelah hujan deras membuat air sungai Limpopo meluap.

Badan PBB untuk urusan anak-anak, UNICEF mengatakan, bahwa jumlah orang yang terpaksa meninggalkan rumah mereka di lembah Limpopo telah mencapai 108 ribu jiwa. Sekitar 23 keluarga telah berusaha berlindung di kamp-kamp dan Program Pangan Dunia PBB telah mulai membagikan bahan makanan untuk 75 pengungsi akibat banjir ini.

Pemerintah Mozambik juga berjuang untuk melindungi kota wisata, yang sebagian terletak di pesisir Sungai Limpopo. “Di wilayah itu, sekitar 45 ribu orang beresiko terkena banjir,” kata Rita Almeida, juru bicara Manajemen Bantuan Bencana Mozambik.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4857 seconds (0.1#10.140)