China Lockdown Changchun, 9 Juta Penduduk Dilarang Keluar Rumah

Sabtu, 12 Maret 2022 - 19:20 WIB
loading...
China Lockdown Changchun, 9 Juta Penduduk Dilarang Keluar Rumah
China Lockdown Changchun, 9 Juta Penduduk Dilarang Keluar Rumah. FOTO/Reuters
A A A
BEIJING - Pemerintah China pada Jumat (11/3/2022) memerintahkan penguncian 9 juta penduduk kota timur laut, Changchun. Lockdown diterapkan di tengah lonjakan baru kasus COVID-19 di daerah yang dikaitkan dengan varian omicron yang sangat menular.

Seperti dilaporkan AP, Penghuni harus tetap di rumah, dengan hanya satu anggota keluarga diizinkan keluar untuk membeli makanan dan kebutuhan lainnya setiap dua hari. Semua penduduk harus menjalani tiga putaran pengujian massal, sementara bisnis yang tidak penting telah ditutup dan jaringan transportasi ditangguhkan.



Penguncian terbaru, yang juga mencakup Yucheng yang berpenduduk 500 ribu jiwa di provinsi timur Shandong. Ini menunjukkan kalau China berpegang teguh pada pendekatan kejam terhadap pandemi yang telah diberlakukannya selama sebagian besar dari dua tahun terakhir, meskipun beberapa indikasi sebelumnya memperlihatkan bahwa pihak berwenang akan menerapkan lebih banyak kebijakan.

China melaporkan 397 kasus transmisi lokal lainnya secara nasional pada hari Jumat, 98 di antaranya di provinsi Jilin yang mengelilingi Changchun, pusat industri otomotif negara itu. Di seluruh provinsi, kasus telah melebihi 1.100, sejak wabah terbaru pertama kali menyerang akhir pekan lalu.

Hanya dua kasus yang dilaporkan di Changchun sendiri pada hari Jumat, sehingga totalnya menjadi 78 dalam beberapa hari terakhir. Pihak berwenang telah berulang kali berjanji untuk mengunci komunitas mana pun di mana satu atau lebih kasus ditemukan di bawah pendekatan “tanpa toleransi” China terhadap pandemi.



Sementara 93 kasus lainnya dikonfirmasi di kota terdekat Jilin yang menyandang nama yang sama dengan provinsi sekitarnya. Pihak berwenang telah memerintahkan penguncian sebagian di kota dan memutuskan hubungan perjalanan dengan kota-kota lain.

Pejabat Universitas Sains dan Teknologi Pertanian Jilin telah dipecat, setelah sekelompok infeksi dilaporkan di kampus dan siswa mengeluh di media sosial bahwa mereka yang dites positif dikurung di perpustakaan sekolah dan bangunan lain dalam kondisi buruk.

Sekolah tersebut telah mendaftarkan 74 kasus yang dikonfirmasi dan memindahkan lebih dari 6.000 orang ke karantina, menurut penyiar CCTV negara. Gambar udara menunjukkan siswa dengan pakaian hazmat berbaris dalam dingin dan gelap menunggu untuk dipindahkan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1121 seconds (0.1#10.140)