Tentara Rusia Ditangkap Pasukan Ukraina: Kami Akan Ditembak Mati Jika Dipulangkan

Sabtu, 12 Maret 2022 - 03:34 WIB
loading...
A A A
Sebagian besar tentara Rusia yang ditangkap, tampak kelelahan dan bingung. Mereka tidak tahu bahwa mereka akan berperang. Mereka juga tampak kekurangan makanan dan peralatan.

Banyak yang mengatakan bahwa mereka adalah wajib militer dan hanya ingin pulang. Beberapa telah direkam menangis di telepon saat berbicara dengan ibu mereka di Rusia.

Kremlin semula bersikeras bahwa mereka hanya mengerahkan tentara profesional ke Ukraina. Namun, pada hari Rabu, setelah tekanan berkelanjutan, Kementerian Pertahanan Rusia mengakui bahwa mereka telah menggunakan peserta wajib militer untuk operasi di Ukraina.

Palang Merah Internasional mengatakan taktik merekam para tentara Rusia yang mengalami demoralisasi melanggar Konvensi Jenewa.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Palang Merah Internasional mengatakan: "Undang-undang menyatakan mereka harus dilindungi. Ini termasuk dari tindakan kekerasan, intimidasi dan perlakuan buruk."

"Mereka juga harus diperlakukan dengan bermartabat dan tidak diekspos keingintahuan publik—seperti gambar yang beredar di media sosial," lanjut badan tersebut, seperti dikutip The Telegraph, Sabtu (12/3/2022).
(min)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1194 seconds (0.1#10.140)
pixels