Wapres AS Dukung Penyelidikan Kejahatan Perang Terhadap Rusia

Jum'at, 11 Maret 2022 - 03:47 WIB
loading...
Wapres AS Dukung Penyelidikan Kejahatan Perang Terhadap Rusia
Wapres AS Dukung Penyelidikan Kejahatan Perang Terhadap Rusia. FOTO/Reuters
A A A
WARSAWA - Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris pada Kamis (10/3/2022) menawarkan dukungan AS untuk menyerukan penyelidikan kejahatan perang internasional atas invasi Rusia ke Ukraina.

"Tentu saja harus ada penyelidikan dan kita semua harus mengawasi. Dan, saya tidak ragu bahwa mata dunia tertuju pada perang ini dan apa yang telah dilakukan Rusia dalam hal agresi dan kekejaman ini," kata Harris dalam konferensi pers di Warsawa, seperti dikutip dari Reuters.



Ia mengungkapkan hal itu setelah bertemu dengan para pemimpin Polandia untuk membahas langkah selanjutnya melawan Rusia. Harris juga mengutip sejumlah contoh kejdian, termasuk pemboman rumah sakit bersalin di kota selatan Mariupol pada hari Rabu, dan adegan wanita hamil berlumuran darah dievakuasi.

Presiden Polandia Andrzej Duda, yang berbicara bersama Harris, menyebut tindakan Rusia di Ukraina "barbarisme dengan ciri-ciri genosida". Kunjungan Harris terjadi di tengah keretakan antara Washington dan Warsawa terkait pasokan pesawat tempur ke Ukraina.

Rusia, yang menyebut tindakannya sebagai operasi militer khusus untuk melucuti senjata tetangganya dan mengusir para pemimpin yang disebutnya neo-Nazi, telah membantah menargetkan warga sipil. Rusia pada hari Kamis mengubah sikapnya atas pemboman rumah sakit, dengan campuran pernyataan yang menyimpang antara penyangkalan yang kuat dan seruan oleh Kremlin untuk menetapkan fakta yang jelas.



Sekitar 1,43 juta warga Ukraina telah melarikan diri ke Polandia sejak invasi dimulai pada 24 Februari, kata Penjaga Perbatasan Polandia, Kamis. Secara total, lebih dari 2,3 juta orang telah meninggalkan Ukraina pada 10 Maret, menurut badan migrasi PBB IOM.

Harris bertemu dengan tujuh pengungsi yang telah melarikan diri ke Polandia untuk mendengar tentang pengalaman mereka. Dia juga mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki dan akan bertemu dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, yang juga mengunjungi Warsawa.

Sebelumnya, AS telah menolak tawaran mengejutkan oleh Polandia untuk mentransfer jet tempur MiG-29 buatan Rusia ke pangkalan AS di Jerman dan menyerahkannya kepada AS sebagai cara untuk mengisi kembali Angkatan Udara Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1969 seconds (0.1#10.140)