Biden Berjanji Tidak Akan Kirim Militer Amerika ke Ukraina

Rabu, 02 Maret 2022 - 22:08 WIB
loading...
Biden Berjanji Tidak Akan Kirim Militer Amerika ke Ukraina
Presiden AS Joe Biden berjanji tidak akan kirim pasukan ke Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Presiden Joe Biden telah meyakinkan anggota parlemen Amerika bahwa personel militer Amerika Serikat (AS) tidak akan ambil bagian dalam perang di Ukraina , dan tidak ada satu pun anggota militer yang akan dikirim ke negara Eropa Timur untuk melawan Angkatan Darat Rusia .

Menyampaikan pidato kenegaraannya kepada Kongres pada hari Selasa waktu setempat, Biden menekankan bahwa pasukan AS tidak terlibat dan tidak akan terlibat dalam konflik dengan pasukan Rusia di Ukraina.

Namun, menurut pemimpin AS, pasukan Amerika, skuadron udara, dan kapal perang sedang dikerahkan di tempat lain di benua itu untuk membela sekutu NATO jika Putin memutuskan untuk terus bergerak ke barat. Biden menyebut Polandia, Rumania, Latvia, Lituania, dan Estonia sebagai negara yang meningkatkan kehadiran militer AS.



Presiden Amerika itu kemudian memperingatkan Moskow bahwa, sesuai dengan prinsip Pasal 5 NATO, Washington akan menyelamatkan sekutu NATO-nya jika Rusia menargetkan mereka.

"NATO siap untuk mempertahankan setiap inci wilayah negara-negara NATO dengan kekuatan penuh dari kekuatan kolektif kita,” seperti dilansir dari Russia Today, Rabu (2/3/2022).

Meskipun tidak mengirim pasukan ke Ukraina, ungkap Biden, AS akan memberi negara Eropa Timur itu bantuan langsung lebih dari USD1 miliar, yang diharapkan datang dalam bentuk bantuan militer, ekonomi, dan kemanusiaan.



Dia juga mencoba untuk menghilangkan kekhawatiran warga Amerika atas krisis Ukraina, meyakinkan mereka bahwa AS “akan baik-baik saja.”

Menurut presiden AS, konflik militer saat ini pada akhirnya akan membuat Rusia lebih lemah dan seluruh dunia lebih kuat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1480 seconds (0.1#10.140)