4 Presiden yang Tidak Mau Menerima Gaji dari Negaranya

Rabu, 09 Maret 2022 - 17:17 WIB
loading...
4 Presiden yang Tidak Mau Menerima Gaji dari Negaranya
(Foto searah jarum jam) John F Kennedy, Jose Mujica, Herbert Hoover, Lee Myung Bak. Foto/REUTERS
A A A
SEOUL - Beberapa presiden yang tidak menerima gaji di dunia umumnya menggunakan gajinya untuk kegiatan-kegiatan amal atau kemanusiaan.

Mereka beralasan bahwa sudah sepantasnya sebagai seorang presiden mengabdi untuk negaranya, sehingga tidak memerlukan imbalan.

Salah satu presiden di dunia yang pernah menolak gaji dari negaranya adalah George Washington dari Amerika Serikat (AS). Perilakunya ini ternyata banyak ditiru oleh generasi-generasi setelahnya ketika para presiden mulai menolak gaji dan lebih memilih untuk menyumbangkannya.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut 4 presiden yang tidak menerima gaji dari negaranya:

1. John F Kennedy di Amerika Serikat

John F Kennedy menjadi nama pertama dari presiden yang tidak menerima gaji dari negaranya. John F Kennedy merupakan presiden Amerika Serikat periode 1961 sampai dia meninggal karena dibunuh pada November 1963.

4 Presiden yang Tidak Mau Menerima Gaji dari Negaranya


John F Kennedy diketahui menyumbangkan seluruh gajinya sebagai presiden untuk amal. Bahkan, sebelum menjadi presiden, John F Kennedy juga sudah menyumbangkan gajinya untuk kepentingan amal.

Selama enam tahun Kennedy sebagai anggota kongres, delapan tahun sebagai senator, dan hampir dua tahun menjadi presiden, total gajinya yang diberikan untuk amal mencapai kisaran USD500.000.

Kennedy bukanlah presiden Amerika Serikat pertama yang menolak gajinya, karena sebelumnya, George Washington juga menolak gajinya sebagai presiden dan lebih memilih menyumbangkannya ke badan amal.

2. Jose Mujica di Uruguay

Jose Mujica menjadi nama berikutnya dari presiden yang tidak menerima gaji dari negaranya. Jose Mujica merupakan presiden Uruguay periode 2010 hingga 2015.

4 Presiden yang Tidak Mau Menerima Gaji dari Negaranya


Dia dikenal sebagai presiden yang sangat sederhana dan menjadi presiden termiskin di dunia.

Hal tersebut dikarenakan Jose Mujica menyumbangkan sekitar 90% dari gajinya sebagai presiden untuk rakyatnya.

Dia berkata kepada El Mundo, surat kabar Spanyol, “Saya baik-baik saja dengan jumlah itu. Saya harus baik-baik saja karena ada banyak orang Uruguay yang hidup dengan penghasilan lebih sedikit dari itu.”

Sifat dari Jose Mujica ini membuatnya sangat disukai penduduk, terutama pada sektor pedesaan dan masyarakat miskin.

3. Herbert Hoover di Amerika Serikat

Herbert Hoover menjadi nama selanjutnya dari presiden yang tidak menerima gaji dari negaranya. Herbert Hoover merupakan presiden Amerika Serikat pada periode 1929 hingga 1933.

4 Presiden yang Tidak Mau Menerima Gaji dari Negaranya


Dalam menjabat sebagai presiden Amerika Serikat, Hoover menolak gaji yang diberikan dan lebih memilih menyumbangkannya ke badan amal.

Sebelumnya, Hoover pun telah aktif dalam kegiatan amal sebelum dirinya menjadi presiden Amerika Serikat.

4. Lee Myung Bak di Korea Selatan

Lee Myung Bak menjadi nama berikutnya dari presiden yang tidak menerima gaji dari negaranya. Lee Myung Bak merupakan presiden Korea Selatan pada tahun 2008 hingga 2013.

4 Presiden yang Tidak Mau Menerima Gaji dari Negaranya


Saat kampanye sebagai calon presiden, Lee Myung Bak berjanji untuk menyumbangkan gajinya sebagai presiden untuk masyarakat yang kurang mampu.

Sebelum menjadi presiden, Lee Myung Bak juga sudah menyumbangkan gajinya saat menjabat wali kota Seoul pada tahun 2002. Gajinya disumbangkan bagi anak-anak pembersih jalan.

Namun, pada Februari 2020 lalu, Lee Myung Bak masuk penjara setelah mendapat vonis 17 tahun penjara atas tuduhan suap dan penggelapan.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1324 seconds (0.1#10.140)