Gagal Uji Tiga Kali Berturut-turut, Nasib Rudal Hipersonik AS Diragukan

Rabu, 09 Maret 2022 - 02:12 WIB
loading...
Gagal Uji Tiga Kali Berturut-turut, Nasib Rudal Hipersonik AS Diragukan
Gagal uji coba tiga kali berturut-turut, masa depan rudal hipersonik AS diragukan. Foto/airforcemag
A A A
WASHINGTON - Upaya Amerika Serikat (AS) untuk mengejar ketinggalan dari Rusia dan China dalam mengembangkan senjata hipersonik dapat mengalami kemunduran. Itu terjadi setelah rudal Lockheed Martin Corp yang diluncurkan dari udara mengalami kegagalan dalam uji coba untuk ketiga kalinya secara berturut-turut.

Kenyataan ini memicu kekhawatiran di Pentagon dan Kongres bahwa senjata itu tidak akan memenuhi tenggat waktu untuk memulai produksi sistem senjata hipersonik siap tempur sebelum 30 September.

Air-Launched Rapid Response Weapon (ARRO) adalah rudal hipersonik luncur yang diharapkan akan diterjunkan dari pembom strategis B-52H Stratofortress dan B-1 Lancer. Spesifikasinya mencakup jangkauan operasional 1.600 km dan kecepatan terbang maksimum sekitar Mach 20. Dilaporkan bahwa ARRO juga bisa dibawa oleh jet tempur F-15.



Tiga tes yang dilakukan pada bulan April, Juli dan Desember berakhir dengan kegagalan, yang menyebabkan kekhawatiran bahwa rudal tersebut mungkin tidak siap pada batas waktu September.

Seorang juru bicara departemen penelitian dan teknik Pentagon mengatakan kepada Bloomberg bahwa sementara direkturnya mendukung upaya agresif Angkatan Udara untuk mempercepat pembuatan, tenggat waktu 30 September adalah jadwal yang sangat agresif.

Legislator Jim Cooper, ketua Sub-komite DPR AS untuk Pasukan Strategis, juga meragukan program tersebut.

“AS memiliki banyak hal yang harus dilakukan dengan China. Dibutuhkan lebih dari siaran pers 30 September untuk mendapatkan kembali keunggulan yang telah kita sia-siakan sejak tahun 1970-an,” katanya seperti dikutip dari Sputnik, Rabu (9/3/2022).

Anggota parlemen AS itu menekankan bahwa program hipersonik AS secara umum membutuhkan lebih banyak pendanaan, keunggulan teknik, dan pengujian cepat untuk memulai paritas.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1296 seconds (0.1#10.140)