Wabah Corona Membuat Saham Perusahaan Farmasi Terus Meroket

Jum'at, 24 April 2020 - 09:45 WIB
loading...
Wabah Corona Membuat Saham Perusahaan Farmasi Terus Meroket
Ekspektasi tinggi terhadap pengembangan vakin virus corona menyebabkan banyak perusahaan farmasi mengalami peningkatan prospek sahamnya. Foto/Reuters
A A A
BERLIN - Ekspektasi tinggi terhadap pengembangan vakin virus corona menyebabkan banyak perusahaan farmasi mengalami peningkatan prospek sahamnya. Saham Moderna telah meningkat dua kali lipat sejak akhir Februari lalu. Hal sama juga dialami saham Novavax dan Inovio Pharmaceuticals.

Apalagi para peneliti Universitas Oxford mengklaim kalau vaksin virus corona bisa diroduksi pada September mendatang. Banyak perusahaan farmasi bekerja sama dengan laboratorium penelitian juga telah melaksanakan uji klinis kandidat vaksin virus corona. Itu menjadikan peluang industri farmasi kedepannya semakin cerah.

“Berbagai komentar tentang vaksin dan kerangka waktu kapan vaksin tersedia sebenarnya mendahului kesimpulan,” demikian analis ekonomi SVB Leerink, Geoffrey Porges, dilansir Bloomberg. “Kesimpulan tersebut mendistorsi pembuat kebijakan, investor dan pembuat keputusan,” katanya.

Porges menyatakan, para kesehatan dan ekonomi berharap vaksin bisa diproduksi dalam waktu enam bulan. Antusiasme dari para peneliti vaksin menjadi harapan tersendiri bagi para investor. Meskipun banyak klaim yang menyebutkan produksi vaksin memakan waktu 12-18 bulan.

Vaksin virus corona yang sedang dikembangkan dalam waktu cepat adalah kerja sama antara Moderna dan Johnson & Johnson. Namun, menurut Porges, kecepatan bisa memicu resiko keselamatan dan keefektifan vaksin tersebut.

Jika pun vaksin tersebut disetujui, vaksin yang efektif bisa tersedia dalam waktu satu tahun, maka itu diberikan kepada pasien dan pekerja medis terlebih dahulu yang berisiko terinfeksi virus corona. “Dibutuhkan waktu beberapa tahun untuk menciptakan kekebalan kelompok untuk mencegah penyebaran Covid-19,” kata Proges.

Saat ini sebanyak 70 kandidat vaksin sedang dalam proses pengujian. “Para investor menyakini kalau Moderna mampu membuat vaksin lebih cepat. Kita tidak mengetahui apakah 12 bulan jika vaksin RNA itu aman dan efektif,” kata profesor kesehatan Universitas Harvard, Mark Poznansky.

Sementara itu, Jerman semakin optimistis kalau vaksin virus corona (Covid-19) akan segera bisa dijual di pasaran. Namun, Inggris justru sebaliknya kalau virus tersebut sangat kecil kemungkinannya tersedia tahun depan.

Kepala Kesehatan Inggris Chris Whitty mengatakan, kesempatan “sangat kecil” bagi negara itu memiliki vaksin yang efektif dan perawatan untuk menyembuhkan pasien virus corona pada tahun depan. “Dalam jangka panjang, solusinya adalah tersedianya vaksin atau obat yang sangat efektif,” katanya dilansir Reuters.

Tanpa memiliki dua solusi tersebut, menurut Whitty, kemungkinan kecil virus corona akan musnah dari Inggris. “Kitapun harus tergantung pada aturan sosial, seperti jaga jarak,” katanya.

Berbeda dengan Inggris, Jerman justru semakin optimistis. Jerman sudah memberikan lampu hijau uji klinis pada manusia untuk vaksin virus corona yang dikembangkan perusahaan biotekhnologi BioNTech. (Andika H Mustaqim)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1249 seconds (0.1#10.140)