China Dukung Rusia Tolak Pembentukan Komisi Penyelidikan Internasional di Ukraina

Jum'at, 04 Maret 2022 - 04:53 WIB
loading...
China Dukung Rusia Tolak Pembentukan Komisi Penyelidikan Internasional di Ukraina
China Dukung Rusia Tolak Pembentukan Komisi Penyelidikan Internasional di Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
JENEWA - Kepala Hak Asasi Manusia (HAM) PBB , Michelle Bachelet mengatakan pada Kamis (3/3/2022), puluhan juta nyawa terancam di Ukraina ketika konflik di sana meningkat.

Bachelet menyerukan penghentian segera permusuhan saat dia membuka debat di Dewan Hak Asasi Manusia di Jenewa tentang pembentukan komisi penyelidikan internasional atas dugaan pelanggaran oleh Rusia.



"Puluhan juta orang tetap berada di negara ini, dalam bahaya yang berpotensi mematikan. Saya sangat prihatin bahwa eskalasi operasi militer saat ini akan semakin meningkatkan kerusakan yang mereka hadapi," kata Bachelet, seperti dikutip dari Reuters.

Emine Dzhaparova, wakil menteri luar negeri pertama Ukraina, mengatakan dalam pembicaraan melalui pesan video bahwa pasukan Rusia melakukan tindakan yang sama dengan kejahatan perang dan meminta para pelaku untuk bertanggung jawab.

"Peristiwa baru-baru ini dengan jelas menunjukkan fakta bahwa pasukan Rusia yang bertempur di Ukraina melakukan pelanggaran dan pelanggaran hak asasi manusia yang paling terang-terangan, secara sistematis terlibat dalam tindakan yang jelas-jelas merupakan kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan," katanya.



Dzhaparova mendesak dewan untuk mengadopsi resolusi yang dibawa oleh Ukraina dan sekutu termasuk Amerika Serikat dan Uni Eropa yang akan meluncurkan penyelidikan internasional. Resolusi itu diharapkan akan diadopsi dalam pemungutan suara pada hari Jumat, kata diplomat Barat.

Duta Besar Prancis Jerome Bonnafont, berbicara untuk Uni Eropa, mengatakan: "Gravitasi situasi sepenuhnya membenarkan pembentukan komisi penyelidikan. Rusia harus bertanggung jawab atas tindakannya."

Duta Besar AS Sheba Crocker mengatakan kepada forum: "Kami sangat khawatir dengan laporan harian tentang korban sipil dan penyebaran senjata Rusia seperti munisi tandan dan termobarik terhadap kota-kota di mana orang-orang yang tidak bersalah berlindung."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2094 seconds (0.1#10.140)