Invasi Ukraina, Biden Sebut Putin Diktator

Rabu, 02 Maret 2022 - 21:30 WIB
loading...
Invasi Ukraina, Biden Sebut Putin Diktator
Menginvasi Ukraina, Presiden AS Joe Biden menyebut Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai diktator. Foto/Al Arabiya
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mencap koleganya dari Rusia Presiden Vladimir Putin sebagai "diktator" yang menghadapi isolasi ekonomi dan diplomatik yang melemahkan karena menyerang negara tetangga Ukraina. Ia pun memperingatkan dunia berada dalam "pertempuran" antara demokrasi dan otokrasi.

Saat ia menyampaikan pidato kenegaraan pertamanya ke sesi gabungan Kongres dan rakyat Amerika, Biden memuji “dinding kekuatan” Ukraina yang telah berdiri tegak melawan penjajah Rusia. Biden juga menjelaskan tidak akan ada sepatu bot tentara AS di tanah perang yang telah berlangsung selama seminggu di ambang pintu Eropa.

“Biar saya perjelas: pasukan kami tidak terlibat, dan tidak akan terlibat, dalam konflik dengan pasukan Rusia di Ukraina,” kata Biden seperti dilansir dari Al Arabiya, Rabu (2/3/2022).



Namun Biden tetap melontarkan kritik pedas kepada Putin.

“Seorang diktator Rusia, yang menginvasi negara asing, menimbulkan kerugian di seluruh dunia,” ujarnya Biden.

“Dalam pertempuran antara demokrasi dan otokrasi, demokrasi meningkat hingga saat ini, dan dunia jelas memilih sisi perdamaian dan keamanan,” imbuhnya.

Barat, yang dipimpin oleh langkah-langkah baru yang keras dari Washington, telah meluncurkan pertempuran ekonomi yang sengit dengan Rusia. Mereka melepaskan gelombang sanksi yang mengancam akan membuat ekonomi Rusia bertekuk lutut.

Baca juga: Jurnalis Ukraina Bentak PM Inggris: Anda Tak Datang ke Kiev karena Takut Perang!

Dengan membidik oligarki Rusia dan “pemimpin korup” yang menurut Biden telah menipu miliaran dolar dari rezim Putin, presiden AS itu menyampaikan peringatan keras bahwa Barat akan “merebut kapal pesiar mereka, apartemen mewah mereka, jet pribadi mereka.”
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1759 seconds (11.252#12.26)