Ukraina Digempur Rusia, Negara Mana Saja yang Kirim Bantuan Militer?

Selasa, 01 Maret 2022 - 17:20 WIB
loading...
A A A
Paris mengatakan telah bertindak atas permintaan Ukraina sebelumnya untuk pertahanan anti-pesawat dan senjata digital.

Belanda
Pemerintah Belanda dalam surat kepada parlemen pada Sabtu lalu mengatakan akan memasok roket pertahanan udara dan sistem anti-tank ke Ukraina.

"Pemerintah Belanda menyetujui permintaan Ukraina untuk segera mengirimkan 200 roket pertahanan udara Stinger dan 50 senjata anti-tank Panzerfaust 3 dengan 400 roket," bunyi surat itu.

"Pemerintah Belanda juga bersama-sama mempertimbangkan untuk mengirim sistem pertahanan udara Patriot bersama Jerman ke kelompok tempur NATO di Slovakia," katanya.

Jerman
Jerman akan memasok Ukraina dengan 1.000 senjata anti-tank dan 500 rudal permukaan-ke-udara Stinger dari stok Bundeswehr untuk pertahanan melawan Rusia.

Ini adalah perubahan besar dari kebijakan lama Berlin yang melarang ekspor senjata ke zona konflik.

“Invasi Rusia ke Ukraina menandai titik balik. Adalah tugas kami untuk melakukan yang terbaik untuk mendukung Ukraina dalam mempertahankan diri melawan tentara invasi Putin,” kata Kanselir Jerman Olaf Scholz pada hari Sabtu.



Kanada
Ottawa mengirim persenjataan militer mematikan ke Ukraina dan meminjamkan setengah miliar dolar Kanada (USD394 juta) kepada Kiev untuk membantu mempertahankan diri.

Swedia, Norwegia dan Denmark
Stockholm juga melanggar sikap netral bersejarahnya untuk mengirim 5.000 senjata anti-tank ke Ukraina, dengan Denmark menyumbang 2.700 lagi. Sedangkan Norwegia mengirimkan helm dan pelindung tubuh serta hingga 2.000 senjata anti-tank M72.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2231 seconds (0.1#10.140)