Ukraina Digempur Rusia, Negara Mana Saja yang Kirim Bantuan Militer?

Selasa, 01 Maret 2022 - 17:20 WIB
loading...
Ukraina Digempur Rusia, Negara Mana Saja yang Kirim Bantuan Militer?
Sejumlah negara mengirimkan bantuan militer kepada Ukraina guna menghadapi gempuran Rusia. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
KIEV - Ketika perang antara Ukraina dan Rusia terus meningkat setelah Moskow mengirim pasukan ke negara tetangganya itu, sejumlah negara di seluruh dunia mengirimkan bantuan militer ke Kiev.

Presiden Rusia Vladimir Putin meluncurkan apa yang disebutnya operasi militer khusus sebelum fajar pada hari Kamis, mengabaikan peringatan Barat dan mengatakan " neo-Nazi " yang berkuasa di Ukraina mengancam keamanan Rusia.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengirim pasukan ke Ukraina setelah menyangkal selama berminggu-minggu bahwa dia bermaksud melakukannya, sambil membangun kekuatan hampir 200.000 tentara di sepanjang perbatasan negara.

Serangan Rusia ini adalah yang terbesar di negara Eropa sejak Perang Dunia II dan mengancam untuk mengubah tatanan pasca-Perang Dingin di benua itu.



Lantas, negara mana saja yang mengirimkan bantuan militer untuk Ukraina guna menghadapi invasi Rusia? Berikut daftarnya seperti dikutip dari Al Jazeera, Selasa (1/3/2022).

Amerika Serikat (AS)
Pada 25 Februari, Presiden Joe Biden menginstruksikan Departemen Luar Negeri untuk melepaskan senjata tambahan senilai USD350 juta dari stok Amerika Serikat (AS) ke Ukraina.

Dalam sebuah memorandum kepada Menteri Luar Negeri Antony Blinken, Biden mengarahkan bahwa USD350 juta yang dialokasikan melalui Undang-Undang Bantuan Luar Negeri ditujukan untuk pertahanan Ukraina.

Ukraina telah meminta senjata anti-tank Javelin dan rudal Stinger untuk menembak jatuh pesawat.

Pentagon mengatakan senjata itu termasuk kendaraan lapis baja, senjata ringan, pelindung tubuh dan berbagai amunisi untuk mendukung pertahanan garis depan Ukraina. Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri AS mengatakan sistem anti-pesawat juga termasuk dalam materi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1188 seconds (0.1#10.140)