Donald Trump Sebut Pemimpin AS Bodoh, Puji Putin Pintar

Minggu, 27 Februari 2022 - 11:42 WIB
loading...
Donald Trump Sebut Pemimpin AS Bodoh, Puji Putin Pintar
Donald Trump menyebut pemimpin AS bodoh dan memuji Presiden Rusia Vladimir Putin pintar dalam komentar tebarunya terkait perang di Ukraina. Foto/The New York Times
A A A
WASHINGTON - Donald Trump mengulangi pujiannya terhadap Presiden Rusia Vladimir Putin dengan menyebutnya pintar. Sebaliknya, ia menyebut para pemimpin Amerika Serikat (AS) bodoh ketika Rusia melanjutkan invasi skala luas ke Ukraina dan menghadapi perlawanan sengit.

Ketika para pemimpin dunia bersatu untuk mengutuk presiden Rusia dan menjatuhkan sanksi besar-besaran kepada pemerintah dan sekutu oligarkinya, Trump mengulangi komentar sebelumnya tentang Putin.

“Kemarin wartawan bertanya kepada saya apakah menurut saya Presiden Putin cerdas. Saya katakan tentu saja dia pintar,” katanya kepada orang banyak di Konferensi Aksi Politik Konservatif tahunan di Orlando, Florida.



“Masalahnya bukan Putin itu pintar — yang tentu saja dia pintar — itu karena para pemimpin kita bodoh,” katanya, seraya menambahkan bahwa negara-negara NATO tidak begitu pintar.

"Mereka tampak kebalikan dari pintar,” imbuhnya seperti dikutip dari Independent, Minggu (27/2/2022).

Trump kemudian menyalahkan pemerintahan Biden atas keputusan Rusia untuk menyerang tetangganya, sebuah serangan yang dibenarkan oleh klaim Putin bahwa Ukraina dijalankan oleh para pemimpin kecanduan narkoba, neo-Nazi.

“Di bawah kepemimpinan kami, dunia adalah tempat yang damai karena Amerika kuat dan persepsi negara kami tidak seperti sebelumnya: kuat, licik, dan cerdas. Sekarang kita adalah negara bodoh," kata Trump.

“Ketika Anda memiliki presiden yang lemah yang tidak dihormati oleh negara lain, Anda memiliki dunia yang sangat kacau. Dunia tidak semrawut ini sejak Perang Dunia Kedua,” ujarnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2121 seconds (0.1#10.140)