Ukraina Tembak Jatuh 5 Pesawat dan 1 Helikopter Rusia di Luhansk

Kamis, 24 Februari 2022 - 21:21 WIB
loading...
A A A
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy sebelumnya membuat seruan emosional untuk perdamaian, yang sebagian besar disampaikan dalam bahasa Rusia.

"Anda diberitahu bahwa Ukraina dapat menjadi ancaman bagi Rusia. Dulu tidak seperti ini, sekarang tidak seperti ini dan tidak akan seperti ini di masa depan. Anda menuntut jaminan keamanan dari NATO. Kami juga menuntut jaminan keamanan kami, dari Anda, dari Rusia, dan penjamin lain dari memorandum Budapest," papar Zelenskyy dalam pidatonya di video.

Sejak Kamis pagi telah ada laporan tentang penembakan berat di pangkalan udara Ukraina. Rusia mengklaim telah menghancurkan semua pangkalan udara dan pertahanan udara Ukraina.

Menurut Sputnik, pertahanan udara Ukraina telah dinetralisir, menurut Kementerian Pertahanan Rusia.

"Infrastruktur militer pangkalan udara militer Ukraina telah dimatikan. Pertahanan udara angkatan bersenjata Ukraina telah dinetralisir," papar Kementerian Pertahanan Rusia.

Laporan yang belum dikonfirmasi mengklaim pasukan Rusia telah menghancurkan atau membuat angkatan laut Ukraina tidak dapat beroperasi, serta menguasai Bandara Boryspil di Kiev.

Rekaman di media sosial menunjukkan Pangkalan Angkatan Laut Ukraina di Odessa dilalap asap setelah dibom pesawat Rusia. Odessa adalah kota pelabuhan di Laut Hitam di Ukraina selatan.

Laporan yang belum dikonfirmasi di Twitter tampaknya menunjukkan pendaratan besar di laut oleh pasukan Rusia di pelabuhan Laut Hitam Odessa, yang melibatkan kapal pendarat besar dan helikopter sesaat sebelum pukul 6 pagi waktu setempat.

Rekaman itu muncul hanya setengah jam setelah Putin mengumumkan pasukan untuk pindah ke Ukraina.

Menyusul serangan di Kiev dan kota-kota lain, pemimpin Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan negara itu sedang membangun koalisi anti-Putin untuk memerangi serangan militer di negara itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1186 seconds (0.1#10.140)