PM Israel: Kesepakatan Nuklir Iran Segera Terwujud, Tapi Lebih Lemah Dibanding 2015

Minggu, 20 Februari 2022 - 23:00 WIB
loading...
PM Israel: Kesepakatan Nuklir Iran Segera Terwujud, Tapi Lebih Lemah Dibanding 2015
PM Israel: Kesepakatan Nuklir Iran Segera Terwujud, Tapi Lebih Lemah Dibanding 2015. FOTO/Reuters
A A A
YERUSALEM - Perdana Menteri Israel, Naftali Bennett mengatakan pada Minggu (20/2/2022), bahwa Iran mungkin "segera" menyetujui kesepakatan nuklir baru dengan negara-negara besar. Namun, ia memperingatkan bahwa kesepakatan itu akan lebih lemah dari perjanjian awal 2015.

Bennett berbicara menjelang pertemuan kabinet mingguan, menyusul indikasi bahwa garis besar kesepakatan antara Iran dengan kekuatan dunia mulai terbentuk pada pembicaraan di Wina.



"Kami mungkin akan segera melihat kesepakatan," kata Bennett pada AFP, seperti dikutip dari Channel News Asia. "Perjanjian baru yang muncul akan dibuat lebih pendek dan lebih lemah dari yang sebelumnya," lanjut Bennett.

Perjanjian nuklir Iran 2015 menawarkan bantuan sanksi kepada Teheran dengan imbalan pembatasan program nuklirnya. Tetapi, Amerika Serikat (AS) secara sepihak menarik diri pada 2018 di bawah presiden saat itu Donald Trump dan menerapkan kembali sanksi ekonomi yang berat.

Pembicaraan tentang menghidupkan kembali pakta awal, yang dikenal sebagai Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA), telah diadakan di ibu kota Austria sejak akhir November, yang melibatkan Inggris, China, Prancis, Jerman dan Rusia secara langsung dan AS secara tidak langsung.



Bennett telah menjadi penentang keras JCPOA dan berulang kali memperingatkan setiap pendapatan yang dilihat Teheran dari keringanan sanksi baru akan digunakan untuk membeli senjata yang dapat membahayakan Israel. "Uang ini pada akhirnya akan digunakan untuk terorisme," katanya lagi pada hari Minggu.



Bennett mengatakan, Israel tidak akan terikat oleh perjanjian yang dipulihkan dan akan mempertahankan kebebasan untuk bertindak jika Iran maju ke arah produksi senjata nuklir.

"Kami mengorganisir dan mempersiapkan hari berikutnya, di semua dimensi, sehingga kami dapat menjaga keamanan warga Israel sendiri," katanya kepada kabinetnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1683 seconds (0.1#10.140)