Rusia Bantah Keras Tuduhan AS Soal Dalangi Serangan Siber di Ukraina

Minggu, 20 Februari 2022 - 18:36 WIB
loading...
Rusia Bantah Keras Tuduhan AS Soal Dalangi Serangan Siber di Ukraina
Rusia Bantah Keras Tuduhan AS Soal Dalangi Serangan Siber di Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
MOSKOW - Rusia menolak tuduhan Amerika Serikat (AS) yang menuding bahwa Moskow bertanggung jawab atas serangan siber terhadap sektor perbankan Ukraina dan situs web pemerintah. Rusia menyebut tuduhan itu tidak berdasar, kata kedutaan Rusia di AS melalui akun twitter mereka.

"Kami dengan tegas menolak pernyataan tak berdasar dari pemerintah dan mencatat bahwa Rusia tidak ada hubungannya dengan peristiwa yang disebutkan dan pada prinsipnya tidak pernah melakukan dan tidak melakukan operasi 'jahat' di dunia maya," sebut pernyataan itu, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (19/2/2022).



Sebelumnya, Gedung Putih pada Jumat menyalahkan Rusia atas serangan siber baru-baru ini yang menargetkan Kementerian Pertahanan Ukraina dan bank-bank besar di Ukraina.

Pengumuman dari Anne Neuberger, kepala pejabat siber Gedung Putih, adalah atribusi paling tajam dari tanggung jawab atas serangan siber yang terungkap saat ketegangan meningkat antara Rusia dan Ukraina.

“Serangan minggu ini, yang membuat dua bank besar dan situs web pemerintah offline, memiliki "dampak terbatas" karena pejabat Ukraina dapat dengan cepat membuat sistem mereka kembali dan berjalan, tetapi ada kemungkinan bahwa Rusia meletakkan dasar untuk serangan yang lebih merusak,” kata Neuberger.



Menurutnya, AS dengan cepat mengaitkan serangan itu dengan Rusia dan secara terbuka menyalahkan Kremlin karena kebutuhan untuk “menyebut perilaku itu dengan cepat.” “Tidak ada intelijen yang menunjukkan bahwa AS akan menjadi sasaran serangan siber,” ujar Neuberger.



Pejabat Ukraina menyebut serangan penolakan layanan yang didistribusikan pada hari Selasa sebagai yang terburuk dalam sejarah negara itu. “Selain benar-benar mengganggu perbankan online, beberapa komunikasi pemerintah-ke-publik dan jelas dimaksudkan untuk menimbulkan kepanikan, serangan itu tidak terlalu serius menurut standar global atau historis,” kata Roland Dobbins, insinyur top untuk DDoS di perusahaan keamanan siber Netscout.

“Sebagian besar serangan DDoS berhasil karena kurangnya persiapan dari pihak pembela,” lanjut Dobbins. Ia menambahkan bahwa sebagian besar layanan mitigasi komersial yang dirancang untuk melawan serangan semacam itu kemungkinan akan mampu menangkis serangan hari Selasa.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1668 seconds (0.1#10.140)