Mahar untuk Menikahi Wanita Turki, Cek Beberapa Tahapannya

Jum'at, 18 Februari 2022 - 14:34 WIB
loading...
A A A
Di setiap tahap itu, ada hadiah-hadiah yang diberikan oleh mempelai pria kepada mempelai wanita.

Misalnya, di tahap perjanjian, pihak laki-laki akan membawakan hadiah berupa sepatu, pakaian, handuk yang dihias, rajutan, juga emas.

Di tahap pertunangan, calon mempelai pria memberikan barang-barang hantaran atau semacam seserahan. Biasanya pihak perempuan sebelumnya sudah meminta seserahan dan mahar apa yang dibawa. Namun, yang utama adalah pemberian berupa emas.

Emas merupakan mahar yang paling diminati karena melambangkan kemakmuran bagi mempelai wanita dan keluarganya.

Tak jarang, pihak keluarga wanita menetapkan jumlah emas dengan harga yang cukup tinggi. Konon, hal ini berdasarkan pada mahar yang diberikan Rasulullah saw pada istri-istrinya yang nilainya sangat besar.

Akan tetapi, semua itu bisa dibicarakan antara kedua keluarga sehingga tercapai kesepakatan mengenai bentuk dan besar mahar yang akan diberikan.

Salah seorang pria Indonesia yang menikah dengan wanita Turki punya pengalaman unik. Sebelum menikah, ia diberikan syarat oleh keluarga calonnya bahwa ia harus memiliki rumah dan menetap di Turki.

Permintaan ini cukup membuat dirinya tertantang. Namun, dengan usaha dan kesabaran, syarat itu berhasil dipenuhinya sehingga ia dapat melangsungkan pernikahan dengan wanita pujaannya.

Mahar wanita Turki tak melulu berupa emas atau barang. Ada pula pengantin wanita Turki yang meminta calon suaminya menghafal satu surat dari Al-Qur’an dan menganggap itu sebagai mahar untuknya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1342 seconds (0.1#10.140)