Estonia Ikut-ikutan Sebut Rusia Bakal Serang Ukraina

Kamis, 17 Februari 2022 - 05:48 WIB
loading...
Estonia Ikut-ikutan Sebut Rusia Bakal Serang Ukraina
Estonia sebut kemungkinan Rusia akan melancarkan serangan militer terbatas terhadap Ukraina. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
TALLIN - Kekhawatiran bahwa Rusia bakal menginvasi Ukraina tampaknya belum reda meski Moskow telah mengumumkan penarikan pasukannya. Terbaru, peringatan bahwa Rusia dapat menyerang negara tetangganya itu dilontarkan Estonia .

Rusia terus memindahkan pasukan ke perbatasan Ukraina dan kemungkinan akan melancarkan serangan militer "terbatas" terhadap negara itu. Hal itu dikatakan oleh kepala Badan Intelijen Luar Negeri Estonia Mikk Marran.

Menurut Marran serangan itu akan mencakup pemboman rudal dan pendudukan "medan utama" di Ukraina.

“Saat ini, penilaian kami adalah bahwa mereka akan menghindari kota-kota dengan populasi besar, karena dibutuhkan banyak pasukan untuk mengendalikan daerah-daerah itu. Tetapi tidak ada pemahaman yang jelas tentang jalan apa yang mungkin dieksploitasi oleh pasukan Rusia,” katanya pada konferensi pers yang diadakan untuk memperkenalkan laporan tahunan layanan tersebut seperti dilansir dari US News, Kamis (17/2/2022).



Kemungkinan lain, menurut intelijen Estonia, dapat diintensifkan pertempuran dari dua wilayah memisahkan diri yang didukung Rusia di Ukraina timur.

Dikatakan oleh Marran bahwa eskalasi semacam itu "sangat mungkin," dan dengan cara ini Rusia kemungkinan mendapat penyangkalan yang masuk akal dan menghindari sanksi.

"Jika Rusia berhasil di Ukraina, itu akan mendorongnya untuk meningkatkan tekanan di Baltik di tahun-tahun mendatang. Ancaman perang telah menjadi alat kebijakan utama bagi Putin," ujarnya.

Marran mengatakan intelijen Estonia mengetahui sekitar 10 kelompok tempur tentara Rusia bergerak menuju perbatasan Ukraina, di mana 100 kelompok tempur militer Rusia, atau sekitar 170.000 tentara, telah dikerahkan.



Jumlah tersebut termasuk tentara yang biasanya dikerahkan di wilayah sekitar Ukraina, tetapi juga pasukan di Belarusia yang dikirim Rusia untuk latihan militer di dekat perbatasan Ukraina.

Menurut Marran beberapa tentara kemungkinan akan tinggal di Belarusia setelah akhir latihan 20 Februari, kekhawatiran yang signifikan bagi aliansi NATO yang termasuk Baltik.

"Itu akan mengurangi waktu persiapan untuk serangan terhadap Baltik," pungkasnya.

Sebelumnya Amerika Serikat (AS) terus memperingatkan bahwa Moskow dapat menyerang "kapan saja" di tengah meningkatnya ketegangan di kawasan itu, sementara Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan beberapa pasukannya yang ditempatkan di dekat perbatasan Ukraina akan mulai kembali ke pangkalan mereka.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan kepada ABC "Good Morning America" bahwa AS melihat "tidak ada kemunduran yang berarti" dan menggambarkan situasi sebagai "sangat, sangat memprihatinkan."



Hal yang sama juga diungkapkan oleh NATO yang menyatakan tidak melihat tanda-tanda penarikan pasukan dari perbatasan Ukraina.

“Saat ini, kami belum melihat penarikan pasukan Rusia,” katanya, sebelum memimpin pertemuan para Menteri Pertahanan NATO di Brussels, Belgia.

“Jika mereka benar-benar mulai menarik pasukan, itu adalah sesuatu yang akan kami sambut. Tetapi itu masih harus dilihat,” lanjutnya.



Rusia telah mengumpulkan sekitar 150.000 tentara di timur, utara dan selatan Ukraina, memicu kekhawatiran Barat bahwa mereka sedang merencanakan serangan. Moskow sendiri telah membantah memiliki rencana seperti itu dan minggu ini mengatakan telah menarik kembali beberapa pasukan dan senjata, meskipun tidak memberikan rincian.

Pada Rabu (16/2/2022) Kementerian Pertahanan Rusia merilis sebuah video yang menunjukkan satu kereta berisi kendaraan lapis baja bergerak melintasi jembatan dari Crimea, semenanjung Laut Hitam yang dicaplok Rusia dari Ukraina pada tahun 2014.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1774 seconds (0.1#10.140)