Orang-orang Kaya Beramai-ramai Tinggalkan Ukraina, Perang Sebentar Lagi?

Senin, 14 Februari 2022 - 19:40 WIB
loading...
Orang-orang Kaya Beramai-ramai Tinggalkan Ukraina, Perang Sebentar Lagi?
Website pelacak pesawat pribadi menunjukkan pergerakan pesawat meninggalkan Kiev, Ukraina. Foto/pravda.com.ua
A A A
KIEV - Laporan media lokal menunjukkan eksodus orang-orang terkaya Ukraina, termasuk yang disebut “oligarki” sedang berlangsung dalam skala besar.

Surat kabar Ukrayinska Pravda pada Minggu (13/2/2022) mengklaim "sekitar 20 jet pribadi dan pesawat sewaan" berangkat dari Kiev pada hari itu saja.

“Salah satu jet pribadi yang terlihat meninggalkan wilayah udara Ukraina pada hari Minggu diduga dimiliki orang terkaya Ukraina, Rinat Akmetov, yang kekayaan bersihnya diperkirakan sekitar USD7,1 miliar, menurut Forbes,” papar surat kabar itu, dilansir RT.com pada Senin (14/2/2022).



Pravda melaporkan, “Miliarder itu sendiri meninggalkan negara itu pada 30 Januari. Orang terkaya kedua Ukraina dan sesama raja baja, Victor Pinchuk, dilaporkan juga pergi pada akhir bulan lalu.”



Keduanya membantu mendanai Dewan Atlantik, kelompok lobi yang berdekatan dengan NATO, yang mendorong Kiev bergabung dengan blok militer itu.



Mereka yang diduga Pravda telah “melarikan diri” dari Ukraina dalam beberapa hari terakhir termasuk politisi dan pengusaha terkemuka Vadym Novynskyi, yang diperkirakan memiliki kekayaan bersih USD1,3 miliar.

“Orang terkaya kesembilan di Ukraina, Oleksandr Yaroslavsky; mantan anggota parlemen dan pengusaha Verkhovna Rada, Vadim Stolar; dan beberapa tokoh terkenal lainnya, banyak di antaranya ditampilkan dalam daftar 100 orang terkaya versi majalah Forbes Ukraina, juga telah meninggalkan Ukraina,” ungkap laporan itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1971 seconds (0.1#10.140)