Ribuan Warga Ukraina Berdemo di Kiev, Galang Persatuan Hadapi Ancaman Rusia

Minggu, 13 Februari 2022 - 15:15 WIB
loading...
Ribuan Warga Ukraina Berdemo di Kiev, Galang Persatuan Hadapi Ancaman Rusia
Ribuan Warga Ukraina Berdemo di Kiev, Galang Persatuan Hadapi Ancaman Rusia. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - Beberapa ribu warga Ukraina berunjuk rasa di Kiev pada Sabtu (12/2/2022). Mereka turun ke jalan-jalan utama untuk menunjukkan persatuan di tengah kekhawatiran invasi Rusia , ketika pemimpin Ukraina mengatakan kepada orang-orang untuk tidak panik.

Warga Ukraina berbaris melalui pusat Kiev dalam sebuah barisan besar. Mereka meneriakkan "Kemuliaan bagi Ukraina" dan membawa bendera dan spanduk Ukraina yang mengatakan "Ukraina akan melawan" dan "Penjajah harus mati".



Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy, yang menghadiri latihan polisi di wilayah Kherson selatan, mengatakan, serangan Rusia dapat terjadi kapan saja. Tetapi, ia menolak apa yang disebutnya sebagai informasi berlebihan tentang perang besar yang mengancam.

"Sahabat terbaik musuh kita adalah kepanikan di negara kita. Dan, semua informasi ini hanya memprovokasi kepanikan dan tidak dapat membantu kita," kata Zelenskiy, seperti dikutip dari Reuters, Minggu (13/2/2022)

"Saya tidak bisa setuju atau tidak setuju dengan apa yang belum terjadi. Sejauh ini, tidak ada perang skala penuh di Ukraina," lanjutnya.



Amerika Serikat dan banyak pemerintah Barat telah mendesak warganya untuk meninggalkan Ukraina, dan Washington pada Sabtu mengatakan pihaknya memerintahkan sebagian besar staf kedutaan Kiev untuk pergi.



"Kami harus siap setiap hari. Itu tidak dimulai kemarin. Ini dimulai pada 2014. Jadi, kami siap dan inilah mengapa kami ada di sini," kata Zelenskiy merujuk pada pencaplokan Krimea oleh Rusia dan dukungan untuk anti- Pemberontakan separatis Kiev di timur.

Sejak tensi ketegangan di perbatasan meningkat dan Rusia dilaporkan telah menumpuk pasukan di wilayah perbatasan, banyak warga Ukraina yang mendaftarkan diri menjadi pasukan cadangan. Para warga sipil Ukraina juga melakukan latihan simulasi perang.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1803 seconds (0.1#10.140)