Presiden Ukraina Minta Barat Beri Bukti Dugaan Invasi Rusia

Minggu, 13 Februari 2022 - 11:13 WIB
loading...
Presiden Ukraina Minta Barat Beri Bukti Dugaan Invasi Rusia
Presiden Ukraina minta Barat beri bukti dugaan invasi Rusia. Foto/New York Post
A A A
KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy telah meminta sekutunya untuk berbagi informasi tentang dugaan invasi Rusia . Ini mendorong Rusia untuk menuduh Barat telah "mengejek" Ukraina dan akal sehat.

Pernyataan Zelenskyy datang ketika krisis di Ukraina semakin dalam, dengan pasukan NATO membangun kehadiran mereka di Eropa Timur. NATO menjelaskan tindakan mereka sebagai upaya untuk mencegah Rusia menyerang, meskipun banyak penolakan Moskow atas niat tersebut. Pada hari Jumat, sejumlah outlet berita Barat, mengutip pejabat AS yang tidak disebutkan namanya, menerbitkan cerita tentang potensi serangan Rusia di Ukraina pada 16 Februari.

Berbicara pada konferensi pers pada hari Sabtu, Zelenskyy mengatakan bahwa pihak Ukraina memahami bahwa "risiko itu ada," tetapi menekankan bahwa ada "terlaku banyak informasi di media tentang perang skala penuh yang mendalam dari Federasi Rusia."

“Jika Anda atau orang lain memiliki informasi tambahan tentang invasi 100% Rusia di Ukraina mulai tanggal 16 (Februari), tolong beri kami informasi ini. Kami bekerja setiap hari, menerima informasi dari intelijen kami. Kami juga berterima kasih kepada badan intelijen negara lain,” kata Zelenskyy seperti dilansir dari Russia Today, Minggu (13/2/2022).



Dia menambahkan bahwa Ukraina harus siap untuk setiap "kejutan" dan harus bergantung pada dirinya sendiri, pada lembaga pemerintahnya, dan intelijen, yang menurutnya berfungsi baik di negara lain.

“Kami tidak takut siapa pun, tidak panik, semuanya terkendali,” tambahnya, menekankan bahwa diplomasi adalah satu-satunya cara untuk de-eskalasi.

Pernyataan Zelenskyy telah memicu reaksi dari Moskow, dengan juru bicara Kementerian Luar Negeri Maria Zakharova bertanya kepada publik: "Apakah Anda pernah melihat yang seperti itu?"

Menekankan bahwa AS telah “menyatakan setiap hari selama dua bulan” bahwa Rusia akan menyerang Ukraina, Zakharova menegaskan bahwa presiden Ukraina dan perwakilan dari blok kekuatan telah mengatakan selama ini bahwa mereka tidak memiliki informasi tersebut, sementara “Sekarang mereka juga meminta mereka yang peduli untuk membagikan data.”

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1827 seconds (0.1#10.140)