Di Ambang Perang, AS Evakuasi Diplomat dan Pasukan dari Ukraina

Minggu, 13 Februari 2022 - 14:17 WIB
loading...
Di Ambang Perang, AS Evakuasi Diplomat dan Pasukan dari Ukraina
Kedubes AS di Ukraina. Foto/New York Post
A A A
WASHINGTON - Dengan peringatan yang semakin mengerikan bahwa Rusia kemungkinan akan menyerang Ukraina dalam beberapa hari mendatang, Washington mengevakuasi diplomat dan pasukannya dan mendesak warga negaranya untuk segera pergi.

"Ini bukan hanya waktu untuk meninggalkan Ukraina. Ini adalah waktu yang menuntut warga negara untuk meninggalkan Ukraina," kata seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) seperti dilansir dari CBS News, Minggu (13/2/2022).

Kedutaan Besar AS mengumumkan akan mengevakuasi semua kecuali staf non-darurat dari Ukraina dan di antara kru yang ditinggal, banyak yang akan keluar dari ibu kota, Kiev, ke kota barat, Lviv, dekat perbatasan dengan Polandia.

Tidak hanya itu, Kedutaan AS juga menangguhkan layanan konsuler pada hari Minggu, karena sebagian besar staf yang tersisa telah berangkat pergi. Sementara kedutaan tidak akan ditutup, hanya layanan darurat yang akan tersedia, dengan para diplomat fokus untuk berkomunikasi dengan pemerintah Ukraina.



"Kami sangat berharap dan terus bekerja secara intensif untuk mencoba memastikan bahwa Ukraina tidak menjadi zona perang," kata pejabat senior pertama Departemen Luar Negeri, tetapi mereka memperingatkan "tampaknya semakin besar kemungkinan bahwa situasi ini mengarah -- menuju semacam konflik aktif."

Diplomat bukan satu-satunya yang pergi dari Ukraina. Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin memerintahkan 160 tentara dari Garda Nasional Florida meninggalkan Ukraina untuk ditempatkan di tempat lain di Eropa, Pentagon mengumumkan pada Sabtu waktu setempat.

"Pasukan ini, yang ditugaskan ke Tim Tempur Brigade Infanteri ke-53, telah menasihati dan membimbing pasukan Ukraina sebagai bagian dari Kelompok Pelatihan Multinasional Gabungan-Ukraina," kata John Kirby, juru bicara utama Pentagon.

"Mereka meninggalkan Ukraina dan akan memposisikan ulang di tempat lain di Eropa," kata Kirby.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1112 seconds (0.1#10.140)