Bahas Ancaman Rudal Korut, AS-Jepang-Korsel Bertemu di Hawaii

Minggu, 13 Februari 2022 - 12:40 WIB
loading...
A A A
Pemerintahan Biden telah menawarkan pembicaraan terbuka kepada Korut tetapi tidak menunjukkan kesediaan untuk meringankan sanksi tanpa pengurangan yang berarti terhadap program nuklir negara itu.

Tes juga memiliki komponen teknis, yang memungkinkan Korut untuk mengasah persenjataan senjatanya. Salah satu rudal yang baru-baru ini diuji – rudal balistik jarak menengah Hwasong-12 – mampu mencapai wilayah AS di Guam. Itu adalah senjata jarak terjauh yang telah diuji Korut sejak 2017.

Korut tampaknya menghentikan uji cobanya selama Olimpiade Musim Dingin di China, sekutu terpenting dan jalur kehidupan ekonominya. Tetapi para analis percaya Korut secara dramatis akan meningkatkan pengujian senjatanya setelah Olimpiade.



Tes baru-baru ini telah mengguncang tetangga Pyongyang yaitu Korsel dan Jepang. Presiden Korsel Moon Jae-in, yang membantu mengatur pembicaraan bersejarah antara pemimpin Korut Kim Jong-un dan mantan Presiden Donald Trump pada 2018 dan 2019, mengatakan bulan lalu bahwa tes tersebut merupakan pelanggaran resolusi Dewan Keamanan PBB dan mendesak Korut untuk menghentikan “tindakan yang menciptakan ketegangan dan tekanan.”

Dewan Keamanan PBB awalnya memberlakukan sanksi terhadap Korut setelah uji coba nuklir pertamanya pada tahun 2006. Badan itu kemudian menjatuhkan sanksi yang lebih keras dalam menanggapi uji coba nuklir lebih lanjut dan program rudal nuklir serta balistik Korut yang semakin canggih.

China dan Rusia, mengutip kesulitan ekonomi Korut, telah menyerukan pencabutan sanksi seperti larangan ekspor makanan laut dan larangan warganya bekerja di luar negeri serta mengembalikan gaji mereka.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1418 seconds (0.1#10.140)