Merryhan Al-Baz, Operator Derek Balap Wanita Pertama di Arab Saudi

Sabtu, 12 Februari 2022 - 19:05 WIB
loading...
Merryhan Al-Baz, Operator Derek Balap Wanita Pertama di Arab Saudi
Merryhan Al-Baz, Operator Derek Balap Wanita Pertama di Arab Saudi. FOTO/Arab News
A A A
RIYADH - Merryhan Al-Baz (30) telah memiliki kecintaan pada dunia otomotif sejak usia 13 tahun. Kecintaan pada motor dan mesin diwarisi dari sang ayah dan mengantarkannya pada partisipasi di Diriyah E-Prix 2022 sebagai marshal pemulihan.

Ia juga menjadi pengemudi derek wanita pertama di dunia dalam kompetisi balap. “Tidak ada yang pernah mengira seorang wanita bisa memasuki bidang ini, dunia mekanik adalah karier yang didominasi pria. Untungnya, di rumah saya, ibu dan ayah saya selalu mendukung setiap bakat, ide, atau apa pun yang ingin Anda lakukan,” kata Al-Baz kepada Arab News, Jumat (11/2/2022).



“Ayah saya menyukai mekanik. Dia memiliki mobil tua yang dia coba perbaiki dan dioperasikan kembali, dan saya adalah satu-satunya orang yang duduk di sebelahnya untuk melihat bagaimana dia melakukannya,” tambahnya.

Tumbuh dengan waktu berkualitas seperti ini membantunya mendapatkan pengalaman dan memperluas pengetahuannya tentang mekanik mobil. Di mana pun ada pameran atau balapan mobil, Al-Baz memastikan untuk hadir.

"Saya mencintai mobil sepanjang hidup saya, saya memiliki pengalaman dalam balap dan drifting juga," katanya.

Al-Baz menambahkan bahwa setelah larangan mengemudi bagi wanita dicabut pada Juni 2018, banyak peluang terkait kendaraan bermotor terbuka bagi wanita di Kerajaan, mulai dari menjadi instruktur mengemudi hingga pembalap dan mekanik.



“Ini membantu saya mencapai impian saya menjadi mekanik,” katanya. “Sungguh perasaan yang luar biasa untuk berjalan di jalan dan membuat orang tahu siapa saya dan menyapa saya, mendorong saya dan bahkan belajar dari saya,” ungkapnya.

Al-Baz menjelaskan bahwa ada empat tipe marshal di E-Prix; api, pemulihan, bendera, dan trackside. Di lapangan, pihak berwenang melihat kemampuannya dan menugaskannya untuk bergabung dengan tim marshal pemulihan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1364 seconds (0.1#10.140)