7 Jet Tempur Terkuat yang Bakal dan Sudah Ramaikan Langit Asia Tenggara

Sabtu, 12 Februari 2022 - 02:22 WIB
loading...
7 Jet Tempur Terkuat yang Bakal dan Sudah Ramaikan Langit Asia Tenggara
Indonesia sepakat memesan 42 unit jet tempur Rafale Prancis. Jet tempur ini akan meramaikan langit Asia Tenggara bersama jet-jet tempur canggih lainnya. Foto/REUTERS Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Indonesia resmi memesan 42 unit jet tempur Rafale Prancis dan secara bersamaan pengajuan pembelian 36 unit jet tempur F-15 Amerika Serikat (AS) telah disetujui Washington.

Kehadiran mereka menambah daftar pesawat tempur terkuat yang akan mewarnai kekuatan udara di Asia Tenggara.

Berikut deretan jet tempur terkuat yang akan dan sudah dioperasikan negara-negara Asia Tenggara:

1. Jet Tempur Siluman F-35 (Singapura)

Singapura menjadi negara Asia Tenggara pertama yang membeli pesawat tempur siluman canggih Lockheed Martin Amerika Serikat ini. Pesawat tempur tersebut belum dikirim, namun nantinya akan menjadi kekuatan yang diperhitungkan oleh para tetangga Singapura.

Baca juga: Indonesia Sepakat Borong 42 Jet Tempur Rafale Prancis

Indonesia sebenarnya juga menginginkan jet tempur F-35, namun Amerika menolaknya. Thailand juga sedang berupaya memiliki jet tempur F-35, namun belum jelas apakah disetujui Amerika atau tidak.

2. Jet Tempur Rafale (Indonesia)

Indonesia resmi memesan 42 unit jet tempur Rafale Prancis, dengan 6 di antaranya akan diterima secara perdana. Indonesia menjadi negara kedua yang membeli jet tempur buatan Dassault Aviation Prancis ini dalam jumlah besar setelah India.

3. Jet Tempur Su-30MKM dan Su-30SM (Malaysia dan Myanmar)

Angkatan Udara Kerajaan Malaysia menjadi yang pertama di Asia Tenggara yang mengerahkan jet tempur generasi 4+ ketika menerima pengiriman pesawat tempur kelas berat Su-30MKM pertamanya pada tahun 2006. Ini menggantikan jet F-5E Tiger II yang sudah tua yang telah dipasok oleh AS.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1752 seconds (10.177#12.26)