Jika Diserang Pasukan Asing, Negara Uni Eropa Ini Mengaku Tak Mampu Bertahan

Kamis, 10 Februari 2022 - 09:18 WIB
loading...
Jika Diserang Pasukan Asing, Negara Uni Eropa Ini Mengaku Tak Mampu Bertahan
Tentara Irlandia bertugas di Chad sebagai pasukan penjaga perdamaian PBB. Foto/REUTERS
A A A
DUBLIN - Tinjauan terhadap pasukan pertahanan Irlandia menemukan bahwa negara itu “tanpa kemampuan militer yang kredibel” terhadap potensi serangan asing.

Situasi itu baru akan berubah jika dilakukan investasi dan reorganisasi yang signifikan. Laporan Komisi Pasukan Pertahanan Irlandia itu diterbitkan pada Rabu (9/2/2022), lebih dari setahun setelah pertama kali dirilis.

“Jika pemerintah Irlandia menghindari peningkatan besar dalam pengeluaran militer atau reorganisasi, Angkatan Pertahanan Irlandia akan dibiarkan tidak dapat melakukan pertahanan negara yang berarti terhadap tindakan agresi berkelanjutan dari kekuatan militer konvensional, dan akan menjadi dipaksa mengurangi komitmen Irlandia untuk misi penjaga perdamaian PBB,” ungkap laporan tersebut, dilansir RT.com.



Irlandia adalah negara netral, dan militernya mengambil bagian dalam operasi pertahanan sipil seperti bantuan banjir, di dalam negeri, dan misi kemanusiaan dan penjaga perdamaian di luar negeri.



Angkatan Laut Irlandia telah terlibat dalam operasi penyelamatan migran Uni Eropa (UE) di Mediterania dan tentaranya saat ini terlibat dalam misi PBB di Afrika, Timur Tengah, dan Balkan.



Untuk mempertahankan kedaulatan negara dengan lebih baik, laporan tersebut merekomendasikan agar Irlandia meningkatkan pertahanan pesisirnya, meningkatkan armada angkatan lautnya, berinvestasi dalam peralatan radar, dan memperkuat “kemampuan intelijen militer dan pertahanan dunia maya” negara itu.

Laporan itu juga merekomendasikan agar negara itu membeli lebih banyak pesawat, termasuk yang mampu mengangkut pasukan.

Saat ini, Irlandia hanya mengoperasikan pesawat pelatihan dan patroli yang digerakkan baling-baling.

Namun, laporan tersebut menyatakan, untuk melangkah lebih jauh dan mengerahkan militer konvensional sejati, Irlandia perlu melipatgandakan anggaran pertahanannya dan membeli pesawat tempur dan kapal angkatan laut baru, dan berinvestasi dalam pasukan khusus, Army Ranger Wing.

“Jelas bagi Komisi bahwa tingkat komitmen keuangan saat ini memberikan kemampuan militer yang tidak memadai untuk Pertahanan Irlandia dan rakyatnya dari ancaman yang diidentifikasi dalam laporan ini,” papar dokumen itu.

Bentrokan di perbatasan Eropa karena migrasi, terorisme, dan perubahan iklim semuanya diidentifikasi sebagai “ancaman” dalam laporan tersebut.

Demikian juga “persaingan kekuatan besar” antara Rusia dan NATO, di mana Irlandia bukan anggota blok militer itu.

Menteri Pertahanan Irlandia Simon Coveney menyebut laporan itu "tumpul" dan "memukul keras".

Dia mengakui, “Laporan itu menimbulkan pertanyaan serius mengenai penyediaan pertahanan yang kita sebagai masyarakat sekarang harus pertimbangkan dengan hati-hati."

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1797 seconds (0.1#10.140)