Warga Hong Kong Peringati Setahun Bentrok Demonstran-Polisi

Jum'at, 12 Juni 2020 - 23:26 WIB
loading...
A A A
Dalam aksi demonstrasi sebelumnya, lebih dari seratus siswa membentuk rantai manusia di luar sekolah tempat seorang guru dilaporkan dipecat karena dia mengizinkan seorang kandidat untuk bermain "Glory to Hong Kong" dalam ujian musik.

"Menentang penindasan politik di sekolah, berikan penjelasan yang adil kepada gurunya," teriak para pemrotes muda ketika mereka berpegangan tangan untuk menunjukkan solidaritas.

"Sepertinya saya seperti kehilangan seorang teman," seorang siswa, yang mengidentifikasi dirinya sebagai orang yang memainkan lagu protes, mengatakan kepada wartawan di luar sekolah.

Para demonstran mendorong penyelidikan kebrutalan polisi, amnesti bagi sekitar 9.000 orang yang ditangkap karena selama aksi protes dan hak pilih universal.

Menanggapi aksi demonstrasi selama berbulan-bulan itu, China menggambarkan aksi protes sebagai rencana asing untuk menggoyahkan kekuasaan Beijing.

Bulan lalu China mengumumkan rencana untuk memberlakukan undang-undang keamanan nasional baru di Hong Kong yang menargetkan aksi subversi, suksesi, terorisme, dan campur tangan asing.

Beijing mengatakan undang-undang itu akan memulihkan ketertiban.

Tetapi para kritikus, termasuk banyak pemerintah Barat, khawatir undang-undang itu akan membawa penindasan politik gaya China daratan ke kota yang seharusnya menjamin kebebasan dan otonomi selama 50 tahun setelah penyerahannya.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1273 seconds (0.1#10.140)