Ratusan Orang Tua di Myanmar Tak Akui Anaknya karena Takut Ancaman Junta Militer

Selasa, 08 Februari 2022 - 05:30 WIB
loading...
Ratusan Orang Tua di Myanmar Tak Akui Anaknya karena Takut Ancaman Junta Militer
Ratusan Orang Tua di Myanmar Tak Akui Anaknya karena Takut Ancaman Junta Militer. FOTO/Reuters
A A A
NAYPYITAW - Ratusan orang tua di Myanmar memasang pemberitahuan pemutusan hubungan keluarga di surat kabar milik negara dalam tiga bulan terakhir. Rata-rata dalam sehari, ada enam atau tujuh keluarga yang memutuskan hubungan dengan putra, putri, keponakan, dan cucu mereka yang secara terbuka menentang junta militer yang berkuasa.

Langkah ini diambil setelah junta militer yang merebut kekuasaan pemerintah, mengumumkan akan mengambil alih properti pihak yang menentang mereka. Selain itu, orang-orang yang memberikan perlindungan kepada pengunjuk rasa juga akan ditangkap.



Hal itu diikuti dengan puluhan penggerebekan di rumah-rumah warga. Salah satu penentang kekuasaan junta militer Myanmar, Lin Lin Bo Bo, termasuk dalam orang yang tak diakui orang tuanya, demikian dilansir dari Reuters, Senin (7/2/2022).

"Kami menyatakan bahwa kami tidak mengakui Lin Lin Bo Bo karena tak pernah mendengarkan kehendak orang tuanya," tulis pemberitahuan yang diposting orang tuanya, San Win dan Tin Tin Soe, di surat kabar milik negara, The Mirror, pada November lalu.

Mantan penjual mobil yang bergabung dengan kelompok bersenjata penentang junta militer ini mengatakan kepada Reuters, ibunya sudah menyampaikan kepadanya bahwa dia tak diakui setelah tentara datang ke rumah keluarga mereka.



Lin Lin Bo Bo mengaku menangis setelah membaca pemberitahuan itu di kotan. Rekan-rekannya mencoba menyakinkan hal itu terpaksa dilakukan pihak keluarga karena berada dalam tekanan.

"Tapi saya sangat sedih," ujarnya. Sementara orang tua Lin Lin Bo Bo enggan berkomentar.

Lain halnya dengan So Pyay Aung yang berprofesi sebagai wartawan. Kepada Reuters, dia mengaku telah memfilmkan polisi anti huru hara menggunakan tongkat dan perisai untuk membubarkan protes. Video itu disiarkan secara langsung di situs web berita Democratic Voice of Burma.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1128 seconds (0.1#10.140)