Erdogan Positif Omicron, 2 Hari setelah Bertemu Presiden Ukraina

Sabtu, 05 Februari 2022 - 22:48 WIB
loading...
A A A
"Saya harus mengatakan ini dengan sangat jelas: jika Anda memperhatikan, Barat sayangnya tidak berkontribusi apa pun untuk menyelesaikan masalah ini ... Saya dapat mengatakan bahwa mereka benar-benar hanya penghalang ... Ketika kita melihat ... Amerika Serikat, Biden belum menunjukkan pendekatan positif terhadap masalah ini," papar Erdogan selama penerbangan kembali, seperti dikutip Reuters.

Turki berbagi perbatasan maritim dengan Rusia dan Ukraina di Laut Hitam. Saat mengomentari konflik Rusia-Ukraina, Erdogan mengatakan sebagai anggota NATO, Turki akan melakukan apa yang diperlukan jika Rusia menginvasi Ukraina, tetapi pada saat yang sama, dia telah berbicara menentang sanksi terhadap Rusia yang telah diancam oleh AS, Inggris dan Uni Eropa (UE).

Rusia telah berulang kali menolak tuduhan Barat bahwa mereka merencanakan menyerang Ukraina.

Moskow menyalahkan AS karena menghebohkan topik "ancaman Rusia". Moskow telah menekankan peningkatan aktivitas militer NATO di dekat perbatasan Rusia serta bantuan keuangan dan militer aktif ke Ukraina menimbulkan ancaman bagi keamanan nasional Rusia.

Dalam upaya mengurangi ketegangan di Ukraina, Rusia mengajukan proposal jaminan keamanannya ke AS dan NATO pada Desember.

Menjaga Ukraina tetap di luar NATO adalah salah satu persyaratan utama yang digariskan Moskow tetapi AS dan NATO menanggapi dengan mengatakan mereka tidak akan menerima syarat ini dan menolak mengorbankan apa yang disebut "kebijakan pintu terbuka" blok itu.

(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1418 seconds (0.1#10.140)