Begini Proses Mohammed bin Salman Jadi Raja Arab Saudi Bila Raja Salman Meninggal

Kamis, 03 Februari 2022 - 08:43 WIB
loading...
A A A
Haykel menyebutkan: “Saya tidak berharap akan ada perlawanan. Jika ada perlawanan mungkin satu atau dua orang, dan itu pernah terjadi sebelumnya, dan itu bukan masalah besar.”

Sejarah menunjukkan bahwa setelah ada raja Saudi yang baru, para pemimpin regional dan dunia akan terbang ke Riyadh untuk memberi penghormatan.

Presiden Barack Obama memangkas waktu kunjungan ke India setelah briefing tentang kematian Abdullah pada tahun 2015.

Menteri Luar Negeri John Kerry, Senator John McCain, dan mantan Menteri Luar Negeri Condoleezza Rice bergabung dengannya.

Demikian pula, Inggris, sebagai rekan Barat kunci Arab Saudi yang berbeda, mengirim delegasi bersama dengan Perdana Menteri saat itu David Cameron, Pangeran Charles, dan Jenkins yang menjadi duta besar Inggris sebelumnya.

Namun, dengan MBS, tidak diragukan lagi bahwa AS dan Inggris harus berpikir lebih keras tentang tanggapan mereka daripada di tahun 2015.

Pembunuhan terhadap Jamal Khashoggi tahun 2018 yang kemudian disimpulkan oleh CIA tidak diragukan lagi diperintahkan oleh MBS, telah memicu kecaman berat di seluruh dunia, terutama oleh Presiden Joe Biden.

Biden berjanji untuk menjadikan Arab Saudi sebagai "paria". Pada Februari tahun lalu, Departemen Luar Negeri AS menurunkan status Arab Saudi menjadi kolega. Pada bulan yang sama, Gedung Putihnya meremehkan MBS dengan pepatah bahwa Raja Salman, bukan MBS, adalah lawan bicara Biden.

“Akan penasaran untuk melihat berapa banyak perwakilan profil tinggi yang ada dari AS atau Inggris karena Jamal Khashoggi dan semua itu,” kata Horak.

"Meskipun demikian, Washington akan bernafas lega untuk bertindak. Kematian Salman [nantinya] akan menjadi keprihatinan langsung bagi tingkat senior pemerintah AS,” kata Henzel.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1205 seconds (0.1#10.140)