Begini Proses Mohammed bin Salman Jadi Raja Arab Saudi Bila Raja Salman Meninggal

Kamis, 03 Februari 2022 - 08:43 WIB
loading...
A A A
"Dia mungkin akan berada di posisi itu untuk waktu yang sangat lama."

Secara lebih rinci, beginilah proses MBS berubah menjadi Raja Arab Saudi:

Transisi antara penguasa Saudi dan pewaris takhta setelah kematiannya. Banyak pesawat akan datang secara tiba-tiba, sering kali cepat dan mulus di depan umum.

Ketika Salman meninggal, serangkaian protokol yang sudah mapan mulai bergerak, sejalan dengan preseden dari kematian raja sebelumnya.

Pertama, perusahaan pers negara Arab Saudi mengumumkan kematian, dan waktu serta tempat pemakaman. Saluran televisi Saudi menangguhkan jadwal siaran rutin untuk mengumumkan doa.

Undang-undang Syariah menyatakan bahwa penguburan harus dilakukan secepat mungkin setelah kematian, dan keluarga Kerajaan Saudi, sebagai pengikut kode Wahhabi yang ketat, tidak memuliakan kematian.

Ketika Raja Abdullah meninggal di Riyadh pada 23 Januari 2015, jenazahnya dibungkus dengan kain, dibaringkan di atas tandu, dan dibawa oleh keluarganya ke Masjid Imam Turki bin Abdullah untuk pemakaman pada hari yang sama.

Ketika Raja Fahd meninggal pada tahun 2005, jalan-jalan di sekitar masjid yang identik telah ditutup dan diamankan oleh Angkatan Laut, dan para sniper telah ditempatkan di dekat situs pemakaman.

Tempat penguburan itu adalah pemakaman al-Oud Riyadh, tempat sejumlah raja dan pangeran Saudi telah dikebumikan selama bertahun-tahun.

“Non-Muslim tidak diizinkan masuk dan mereka juga tidak diizinkan di kuburan,” kata Profesor Bernard Haykel, seorang ahli politik Saudi di Universitas Princeton, kepada Insider.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1070 seconds (0.1#10.140)