Menteri Hong Kong Mundur Usai Hadiri Pesta di Masa Pandemi

Selasa, 01 Februari 2022 - 01:00 WIB
loading...
Menteri Hong Kong Mundur Usai Hadiri Pesta di Masa Pandemi
Menteri Hong Kong, Caspar Tsui mundur usai hadiri pesta di masa pandemi. FOTO/The Standard
A A A
HONG KONG - Menteri Urusan Dalam Negeri Hong Kong , Caspar Tsui mengundurkan diri setelah mengaku menghadiri pesta ulang tahun bersama sejumlah pejabat lainnya. Pengunduran ini diajukan Tsui, beberapa hari setelah otoritas Hong Kong mengimbau masyarakat untuk menghindari pertemuan besar guna memerangi wabah COVID-19 .

"Saya hari ini telah mengajukan pengunduran diri saya kepada Kepala Eksekutif dan berniat untuk meninggalkan jabatan hari ini," kata Tsui dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Deutsche Welle, Senin (31/1/2022).



"Sebagai salah satu Pejabat Utama yang memimpin dalam perang anti-epidemi, saya belum memberikan contoh terbaik selama wabah baru-baru ini," lanjutnya.

Meskipun pesta itu tidak ilegal pada saat itu, tapi Kepala Kesehatan Kota telah memperingatkan orang-orang untuk menghindari berkumpul dalam kelompok besar setelah wabah virus.

Pesta itu diadakan di sebuah restoran tapas pada tanggal 3 Januari untuk merayakan ulang tahun Witman Hung, seorang anggota Kongres Rakyat Nasional China yang besar. Ada lebih dari 200 orang yang hadir, termasuk pejabat tinggi dari kepolisian wilayah itu, dan bos imigrasi dan antikorupsi. Sekitar 20 anggota parlemen juga hadir.



Daftar tamu dari mereka yang hadir terungkap setelah otoritas kesehatan melacak orang yang terinfeksi yang hadir. Itu menjadi sumber rasa malu bagi Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam, yang pemerintahnya menerapkan kebijakan "nol-COVID" yang ketat yang mirip dengan kebijakan Beijing.

Foto-foto pesta itu, yang bocor ke media lokal, menunjukkan orang-orang yang bersuka ria bernyanyi karaoke dan berpose untuk foto bersama tanpa masker.

Pihak berwenang mengatakan, Tsui tidak menggunakan aplikasi pelacakan kontak pemerintah saat memasuki restoran, yang saat ini diwajibkan. Dia juga tidak memakai masker, meski ada aturan yang menetapkan masker harus dipakai saat tidak makan atau minum.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1329 seconds (0.1#10.140)