Ribuan Orang di Kanada Gelar Protes Damai Tolak Perintah Vaksin

Minggu, 30 Januari 2022 - 10:10 WIB
loading...
A A A
Hanya sedikit dari peserta aksi yang memakai masker, tetapi banyak yang memakai balaclava karena suhu mencapai minus 21 Celcius dengan angin dingin.



Media setempat melaporkan sebuah mal di pusat kota ditutup karena para demonstran menolak untuk memakai masker di dalam.

Retorika kekerasan yang digunakan oleh beberapa pendukung aksi di media sosial menjelang protes telah membuat khawatir polisi, yang keluar dengan kekuatan. Namun pada kenyataannya, sebagian besar aksi protes terasa seperti pesta jalanan yang sangat dingin, diselingi oleh klakson truk.

CBC melaporkan karena masalah keamanan, Trudeau dan keluarganya meninggalkan rumah mereka di pusat kota Ottawa. Saat dikonfirmasi, kantornya Perdana Menteri Kanada mengatakan tidak mengomentari masalah keamanan.

Awal pekan ini Trudeau mengatakan konvoi itu mewakili "minoritas kecil" yang tidak mewakili pandangan orang Kanada. Sekitar 90% pengemudi truk lintas batas Kanada dan 77% populasi telah mendapatkan dua suntikan vaksinasi COVID.

Trudeau mengumumkan perintah vaksin untuk pekerja federal pada malam pemilihan Oktober, kemudian bulan lalu Kanada dan Amerika Serikat memberlakukannya untuk pengemudi truk lintas batas.



Pemimpin konservatif Erin O'Toole menentang perintah vaksin itu dan menyatakan dukungan untuk aksi protes setelah mengadakan pembicaraan dengan beberapa pengemudi truk pada hari Jumat.

"Saya mendukung hak mereka untuk didengar, dan saya meminta Justin Trudeau untuk bertemu dengan pekerja keras Kanada ini untuk mendengar keprihatinan mereka," kata O'Toole setelah pertemuan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2215 seconds (0.1#10.140)