China Tak Minat Pungut Jet Siluman F-35 AS di Laut China Selatan, Pakar Meragukannya

Jum'at, 28 Januari 2022 - 16:32 WIB
loading...
A A A
“Mereka tidak ingin mengambil risiko konfrontasi atau meningkatkan gesekan China-AS yang sudah meluas.”

“Namun, mereka akan memantau pemulihan (puing pesawat oleh) AS dan jika mereka dapat melakukannya secara sembunyi-sembunyi, mereka akan memeriksanya dengan kapal selam untuk mengumpulkan informasi apa yang mereka dapat,” kata Schuster, yang juga mantan kapten Angkatan Laut AS.

“Saya percaya bahwa mereka memiliki sekitar 30-60 persen dari apa yang perlu mereka ketahui tentang F-35 dari upaya spionase siber mereka. Sebuah survei menyeluruh yang baik akan menambah itu,” katanya.

Beberapa analis China percaya bahwa ada dimensi lain dari kecelakaan itu.

“Sementara China, dan negara lain mana pun, pasti tertarik untuk melihat lebih dekat F-35, ada masalah lain yang harus dipertimbangkan. Pertanyaan itu adalah apakah pesawat itu hilang di perairan teritorial China?” tanya Andy Mok, seorang komentator terkenal yang berbasis di Beijing.

“Jika demikian, AS akan berada dalam posisi canggung karena China sepenuhnya berhak untuk tidak memulihkannya,” kata Mok.

China bersikeras bahwa pihaknya memegang “hak historis” atas sebagian besar Laut China Selatan, dan menarik garis pangkal lurus di sekitar empat kelompok pulau di sana untuk mengeklaim laut teritorial luas yang dianggap ilegal oleh hukum internasional.

Schuster mengatakan proses pemulihan bisa berlarut-larut.

“Saya kira 20-60 hari, tergantung pada cuaca, arus, kondisi bawah laut, dan aktivitas RRC (China),” ujarnya.

“Dalam kondisi ideal, Anda melihat 10-20 hari dari menemukan hingga mengangkat. Arus bawah laut yang kuat dan tidak terduga, cuaca buruk dan tantangan lain atau gangguan pekerjaan menambah waktu. Lebih buruk lagi, 90-120 hari, jika musim hujan datang,” katanya kepada RFA.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1434 seconds (0.1#10.140)