China Tak Minat Pungut Jet Siluman F-35 AS di Laut China Selatan, Pakar Meragukannya

Jum'at, 28 Januari 2022 - 16:32 WIB
loading...
A A A
“AS telah menunjukkan kemampuan untuk memulihkan pesawat dari kedalaman 15.000 kaki (4.572 meter) dan titik terdalam Laut China Selatan adalah 16.000 kaki (4.876 meter). Jadi, tantangannya adalah menemukannya, lalu mengirim peralatan untuk mengangkatnya dari bawah dan membawanya ke permukaan,” jelas Schuster.

“China akan mengawasi dalam hal apa pun, untuk mempelajari apa yang mereka bisa; tentang pesawat mungkin tapi pasti tentang bagaimana memulihkan pesawat seberat 70.000 pon (35 ton) dari beberapa ribu kaki.”

Dari Beijing, argumennya lebih meremehkan.

“Insiden ini hanyalah yang terbaru dari serangkaian kecelakaan yang hanya menimbulkan lebih banyak pertanyaan tentang kesiapan militer AS,” kata Mok.

Juru bicara Armada ke-7, Hayley Sims, mengatakan kepada surat kabar militer AS; Stars and Stripes, pada hari Rabu bahwa Angkatan Laut AS saat ini sedang menyelidiki kecelakaan F-35C bersama dengan empat kecelakaan "Kelas A" serius lainnya yang melibatkan pesawat yang ditugaskan ke kapal induk USS Carl Vinson yang terjadi antara 22 November dan 31 Desember.

Menurut Angkatan Laut AS, "Kecelakaan Kelas A" adalah insiden yang melibatkan hilangnya nyawa atau cacat permanen, atau hilangnya pesawat atau kerusakan properti sebesar USD2,5 juta atau lebih.

Kelima insiden tersebut, lanjut Sims, masih dalam penyelidikan.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1347 seconds (0.1#10.140)