AS Diminta Longgarkan Sanksi Agar Uang Bisa Mengalir ke Afghanistan

Jum'at, 28 Januari 2022 - 14:40 WIB
loading...
AS Diminta Longgarkan Sanksi Agar Uang Bisa Mengalir ke Afghanistan
AS diminta longgarkan sanksi agar uang bisa mengalir ke Afghanistan. FOTO/Reuters
A A A
KABUL - Amerika Serikat (AS) perlu memberikan dorongan tertulis kepada bank-bank untuk mentransfer uang ke Afghanistan . Hal ini perlu dilakukan agar PBB dan kelompok-kelompok bantuan bisa berupaya maksimal di saat mereka berlomba menyelamatkan jutaan nyawa di Afghanistan.

“Sekarang, secara paradoks, sanksi Barat yang merupakan masalah utama kami dalam menyelamatkan nyawa di Afghanistan,” kata Sekretaris Jenderal Dewan Pengungsi Norwegia, Jan Egeland, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (27/1/2022).



"Perbendaharaan AS perlu proaktif di sini," kata Egeland, yang merupakan bagian dari pertemuan kelompok bantuan dengan Wakil Menteri Keuangan AS, Wally Adeyemo pekan lalu.

Egeland mendesak Departemen Keuangan AS untuk memberi bank "surat penghiburan yang mengatakan bahwa Anda dengan ini didorong untuk membantu menyelamatkan nyawa di Afghanistan dengan menyediakan layanan apa pun yang dibutuhkan untuk organisasi bantuan."

“Laki-laki dewasa perlu berbicara satu sama lain karena, sungguh, saya frustrasi,” kata Egeland. “Bank Dunia mengacu pada dewan (Bank Dunia) dan para donor – seperti AS – dan para donor – seperti AS – mengacu pada Bank Dunia. Bisakah mereka secara proaktif memperbaikinya? Kita kalah dalam perlombaan melawan kematian, dan musim dingin, dan kelaparan,” katanya.



Egeland juga meminta miliaran dolar dikeluarkan untuk membantu warga sipil Afghanistan. Sejak Agustus, sekitar USD9,5 miliar cadangan bank sentral Afghanistan telah dibekukan di luar negeri dan USD1,2 miliar dalam bantuan pembangunan—dikelola oleh Bank Dunia—ditangguhkan karena para donor berusaha menggunakannya sebagai pengaruh atas Taliban dalam masalah-masalah termasuk hak asasi manusia.

PBB dan kelompok bantuan sedang berjuang untuk mendapatkan cukup uang ke Afghanistan untuk mendanai operasi di negara di mana jutaan orang menderita kelaparan ekstrim dan ekonomi, pendidikan dan layanan sosial berada di ambang kehancuran.



Dalam briefing kepada Dewan Keamanan PBB pada hari Rabu, Sekretaris Jenderal Antonio Guterres mengatakan, Afghanistan "digantung oleh seutas benang" dan bahwa kurangnya likuiditas di negara itu membatasi kapasitas untuk menjangkau orang yang membutuhkan.

Guterres pada hari Rabu juga menyerukan “lisensi umum yang mencakup transaksi yang diperlukan untuk semua kegiatan kemanusiaan.”

Departemen Keuangan AS mengatakan dalam sebuah pernyataan setelah pertemuan pekan lalu dengan kelompok bantuan, bahwa Adeyemo mengakui kewaspadaan bank dan mengatakan Departemen Keuangan akan "terus memberikan kejelasan tentang ruang lingkup sanksi AS" kepada bank dan lembaga keuangan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1589 seconds (0.1#10.140)