6 Orang Terluka dalam Bentrokan di Perbatasan Kirgistan-Tajikistan

Jum'at, 28 Januari 2022 - 03:18 WIB
loading...
6 Orang Terluka dalam Bentrokan di Perbatasan Kirgistan-Tajikistan
Sedikitnya 6 orang terluka dalam bentrokan di perbatasan Kirgistan-Tajikistan. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
BISHKEK - Media lokal melaporkan pertempuran antara pasukan penjaga perbatasan Tajikistan dan Kirgistan yang terjadi pada Kamis (27/1/2022) telah melukai sedikitnya enam orang.

Dikutip dari Sputnik, Jumat (28/1/2022), seluruh korban adalah warga negara Tajikistan. Laporan sebelumnya mengatakan bahwa tiga prajurit Tajikistan terluka. Dokter yang berada di klinik pusat kota Isfara memperkirakan kondisi mereka yang terluka tidak serius.

Sementara itu kantor Wali Kota Isfara Tajikistan mengatakan baku tembak semakin intensif terjadi dari kedua belah pihak di zona konflik perbatasan.

"Penembakan intensif berlanjut di zona konflik dari kedua belah pihak. Listrik masih terputus di desa Tajik Somoniyon dan Khoja Alo. Walikota Isfara Bahovaddin Bahodurzoda berada di zona konflik," kata juru bicara kantor tersebut.

Baca juga: BREAKING NEWS: Baku Tembak Mulai Pecah di Perbatasan Kirgistan dan Tajikistan

Perbatasan antara Kirgistan dan Tajikistan terkadang berubah menjadi zona konflik antara penduduk lokal dan petugas perbatasan di kedua sisi. Alasan konflik adalah daerah-daerah yang tidak dibatasi di mana tidak mungkin untuk mengatakan tanah milik kedua negara itu.



Hampir setengah dari perbatasan Kirgistan-Tajik sepanjang 970 kilometer belum diberi batas, yang menyebabkan ketegangan berulang sejak kedua negara memperoleh kemerdekaan setelah pecahnya Uni Soviet tiga dekade lalu.

Banyak daerah perbatasan di Asia Tengah telah dipersengketakan sejak runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991.

Situasinya sangat rumit di dekat banyak eksklave di Lembah Ferghana yang bergejolak, tempat perbatasan Tajikistan, Kirgistan, dan Uzbekistan bertemu.

Baca juga: Baku Tembak Pecah di Perbatasan Kirgistan-Tajikistan, Penduduk Dievakuasi

April lalu, bentrokan yang melibatkan personel militer di sepanjang perbatasan menyebabkan puluhan orang tewas di kedua sisi.

(ian)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1715 seconds (10.177#12.26)