Picu Kemarahan, Karikatur Arafat Diturunkan dari Pameran

Rabu, 26 Januari 2022 - 05:32 WIB
loading...
A A A


Kartunis Palestina, Mohammad Sabaanah juga ikut angkat bicara.

"Pameran itu seharusnya menjadi penghormatan kepada seniman internasional yang telah mendukung Palestina melalui karya mereka, tetapi beberapa seniman Palestina dikeluarkan, dan tidak ada penjelasan lain selain pandangan politik mereka," katanya kepada Al Araby.

Yayasan telah menugaskan sejumlah ahli untuk menilai karya-karya tersebut sebelum dipamerkan.

“Namun, ketika saya mengetahui bahwa beberapa seniman terkemuka tidak diundang untuk berpartisipasi, saya meragukan kriteria di balik pameran dan saya menarik diri dari itu, meskipun saya diundang,” kata Sabanaah.

"Ada perpaduan yang jelas antara kartun politik dan potret karikatur, yang pada dasarnya merupakan representasi satir dari suatu kepribadian," sambungnya.

"Partisipasi jelas akan mencakup representasi satir Arafat, dipamerkan di museum yang didedikasikan untuk mengenangnya, yang membuat marah publik," ucapnya.



Pada Senin malam, Yayasan Yasser Arafat mengatakan dalam sebuah pernyataan: "Apa yang telah dipamerkan tidak menghina kepribadian atau simbolisme Yasser Arafat ... seniman mewakili Arafat dari perspektif seni dan budaya mereka sendiri.

"Semua karya yang dipamerkan telah dihapus karena kurangnya penerimaan oleh publik Palestina," demikian bunyi pernyataan pihak Yayasan Yasser Arafat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1737 seconds (0.1#10.140)