Picu Kemarahan, Karikatur Arafat Diturunkan dari Pameran

Rabu, 26 Januari 2022 - 05:32 WIB
loading...
Picu Kemarahan, Karikatur Arafat Diturunkan dari Pameran
Picu kemarahan, sejumlah karikatur Yasser Arafat diturunkan dari pameran kontroversial. Foto/Twitter
A A A
YERUSALEM - Yayasan Yasser Arafat mengatakan mereka telah menurunkan sejumlah karikatur yang menggambarkan pemimpin Palestina yang ikonik itu dari sebuah pameran yang kontroversial. Hal tersebut dilakukan setelah mereka dituduh telah menghina mendiang presiden Palestina.

Pameran bertajuk "Palestina dan Yasser Arafat" diresmikan pada hari Minggu oleh Perdana Menteri Palestina Mohammad Ishtayeh di Museum Yasser Arafat.

Pameran ini termasuk karya 104 seniman dari sekitar 43 negara dan sekitar 350 karya dan digambarkan menunjukkan "solidaritas dengan Palestina dan akar ingatan Yasser Arafat di komunitas internasional".

Namun warga Palestina - termasuk tokoh politik - merasa bahwa beberapa karya seni itu "menghina" Yasser Arafat dan memori akan dirinya.



"Pameran tersebut tidak memiliki kriteria dan kejujuran dalam mewakili Yasser Arafat," kata Nasser Al-Qudwah, mantan presiden Yayasan Yasser Arafat dan kepala koalisi oposisi, di Facebook seperti dilansir dari Al Araby, Rabu (26/1/2022).

Kecaman juga datang dari kelompok Hamas.

"Penghinaan terhadap Arafat dari tengah Ramallah dan di bawah promosi resmi (oleh Otoritas Palestina) ini bahkan merupakan kesalahan yang lebih besar," ujar juru bicara Hamas, Hossam Badran.

Gerakan Fatah, partai yang dipimpin Arafat selama 40 tahun, juga mengecam pameran tersebut.

"Penghinaan terhadap Yasser Arafat adalah penghinaan bagi semua orang Palestina. Oleh karena itu, kami menyerukan kepada Yayasan Yasser Arafat untuk menghapus semua karya yang menghina dan meminta maaf, atau kami harus menghapusnya sendiri," kata Fatah dalam sebuah pernyataan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1236 seconds (0.1#10.140)