AS-Rusia Duduk Satu Meja di Titik Kritis Krisis Ukraina

Jum'at, 21 Januari 2022 - 19:21 WIB
loading...
A A A
Tetapi ada tanda-tanda perpecahan dalam aliansi transatlantik itu tentang bagaimana menanggapi agresi Rusia.

Presiden Joe Biden mendapat kecaman karena membuat perbedaan antara "serangan kecil" dan serangan besar-besaran, menunjukkan operasi Rusia skala kecil mungkin menerima respons yang lebih ringan.

“Itu tergantung pada apa yang dilakukannya. Itu satu hal jika itu adalah serangan kecil dan kami akhirnya harus berjuang tentang apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan,” kata Biden pada konferensi pers hari Rabu lalu untuk menandai satu tahun menjabat.

Biden juga meramalkan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin akan menyerang Ukraina.

"Dugaan saya adalah dia akan bergerak, dia harus melakukan sesuatu," ujarnya.



Komentarnya dengan cepat memicu kritik dari Washington ke Kiev, dengan beberapa menuduh Biden memberi lampu hijau kepada Rusia untuk melancarkan serangan.

Biden berusaha mengklarifikasi komentarnya pada hari Kamis, mengatakan bahwa setiap gerakan pasukan Rusia ke Ukraina akan dilihat sebagai invasi.

Dan Blinken juga menekankan komitmen Barat untuk membela Ukraina.

“Kami sangat jelas jika ada pasukan militer Rusia bergerak melintasi perbatasan Ukraina dan melakukan tindakan agresi baru terhadap Ukraina yang akan ditanggapi dengan cepat, keras, tanggapan bersatu dari Amerika Serikat dan sekutu dan mitra kami,” katanya kepada wartawan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1393 seconds (0.1#10.140)