AS-Rusia Duduk Satu Meja di Titik Kritis Krisis Ukraina

Jum'at, 21 Januari 2022 - 19:21 WIB
loading...
AS-Rusia Duduk Satu Meja di Titik Kritis Krisis Ukraina
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov di Jenewa, Swiss, Jumat (21/1/2022). Foto/Russia Today
A A A
JENEWA - Kebuntuan yang terjadi selama berminggu-minggu terkait krisis Ukraina , dua diplomat tinggi Amerika Serikat (AS) dan Rusia bertemu di titik krisis untuk mencairkan ketegangan.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mencoba meredam ketegangan saat keduanya bertemu di Jenewa, Swiss, pada Jumat (21/1/2022) pagi.

AS telah menyuarakan keprihatinannya yang berkembang bahwa invasi Rusia akan segera terjadi. Kremlin telah mengumpulkan sebanyak 100 ribu tentara di ambang pintu Kiev, tetapi berulang kali membantah berencana untuk menyerang.

Pembicaraan sebelumnya berakhir dengan kebuntuan di mana AS dan NATO menolak tuntutan Moskow tentang hubungan aliansi Barat dengan Ukraina dan negara-negara bekas Soviet lainnya.

“Kami tidak berharap untuk menyelesaikan perbedaan kami di sini hari ini. Tapi saya berharap dan berharap kita bisa menguji apakah jalur diplomasi atau dialog tetap terbuka,” kata Blinken kepada Lavrov.



"Ini adalah saat yang kritis," ia menambahkan seperti dilansir dari NBC News.

Sementara itu, Lavrov mengatakan dia tidak mengharapkan terobosan dalam negosiasi ini.

"Apa yang kami harapkan adalah jawaban konkret untuk proposal konkret kami,” tegasnya.

AS dan sekutunya telah berusaha untuk menghadirkan front persatuan, memperingatkan konsekuensi "berat" termasuk sanksi ekonomi yang keras terhadap Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1721 seconds (0.1#10.140)