Menlu Amerika dan Rusia Akan Bertatap Muka di Jenewa

Jum'at, 21 Januari 2022 - 04:00 WIB
loading...
Menlu Amerika dan Rusia Akan Bertatap Muka di Jenewa
Menlu Rusia, Sergey Lavrov akan bertemu dengan Menlu AS, Antony Blinken di Jenewa. FOTO/TASS
A A A
MOSKOW - Menteri Luar Negeri Rusia , Sergey Lavrov akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken di Jenewa pada Jumat (21/1/2022) waktu setempat. Demikian diungkapkan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova.

“Ada rencana untuk membahas dua rancangan perjanjian yang diajukan oleh Rusia pada 15 Desember 2021. Kesepakatan antara Federasi Rusia dan AS tentang jaminan keamanan dan kesepakatan tentang jaminan keamanan untuk Federasi Rusia dan negara-negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara," jelas Zakharova, seperti dikutip dari kantor berita TASS, Kamis (21/1/2022).



Zakharova menambahkan, bahwa Lavrov dan Blinken diharapkan untuk membahas langkah lebih lanjut berdasarkan proposal Rusia tentang jaminan keamanan. “Dalam pertemuan itu diharapkan untuk menilai hasil negosiasi masa lalu [dalam format] delegasi antar departemen Rusia dan AS di Jenewa pada 10 Januari, pertemuan Dewan Rusia-NATO di Brussel pada 12 Januari dan diskusi di Dewan Tetap OSCE yang berlangsung di Wina pada 13 Januari," tegas Zakharova.

"(Hal ini juga diantisipasi) untuk memutuskan kemungkinan langkah lebih lanjut, dengan mempertimbangkan pertama-tama, presentasi awal tanggapan tertulis oleh pihak Amerika dengan komentar artikel demi artikel pada dokumen Rusia (tentang jaminan keamanan)," lanjutnya.

Pada 17 Desember, Kementerian Luar Negeri Rusia merilis rancangan perjanjian tentang jaminan keamanan antara Rusia dan Amerika Serikat dan rancangan perjanjian untuk memastikan keamanan Rusia dan negara-negara anggota NATO. Konsultasi mengenai masalah ini berlangsung di Jenewa pada 10 Januari, diikuti oleh pertemuan Dewan Rusia-NATO di Brussel pada 12 Januari dan sesi Dewan Tetap Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa (OSCE) di Wina pada 13 Januari.



Di tengah ketegangan yang terjadi, pertemuan Blinken dengan Lavrov memang ditunggu banyak pihak, termasuk media. TASS melaporkan, lebih dari 60 jurnalis telah diakreditasi untuk meliput acara tersebut, dan permintaan terus mengalir.

Ini bukan pertama kalinya Jenewa, Swiss, ibu kota diplomasi Eropa dan seluruh dunia, akan menjadi tuan rumah pertemuan penting seperti itu. Pada Juni 2021, KTT Putin-Biden yang diselenggarakan di Jenewa memberikan dorongan positif untuk dialog antara kedua negara.



Namun, tidak seperti pertemuan Juni antara Presiden Vladimir Putin dari Rusia dan Joe Biden dari Amerika Serikat, kali ini, tidak ada tindakan keamanan skala besar yang dilakukan di Jenewa. Lalu lintas bergerak di sepanjang rute biasanya sesuai jadwal dan kota terus melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa.

Pertemuan Lavrov-Blinken diperkirakan akan berlangsung di Hotel President Wilson, yang memiliki reputasi sebagai tuan rumah acara internasional besar, termasuk pertemuan Rusia-AS. Itu adalah tempat pembicaraan antara diplomat top Rusia Sergey Lavrov dan kemudian Menteri Luar Negeri AS John Kerry pada Agustus dan September 2016.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1862 seconds (0.1#10.140)