AS Beri Lampu Hijau Pengiriman Senjata ke Ukraina

Kamis, 20 Januari 2022 - 22:02 WIB
loading...
AS Beri Lampu Hijau Pengiriman Senjata ke Ukraina
AS memberi lampu hijau sekutunya mengirimkan senjata ke Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Departemen Luar Negeri (Deplu) Amerika Serikat (AS) mengatakan kepada Kongres telah menyetujui izin ekspor untuk Estonia, Latvia dan Lithuania , yang akan memungkinkan negara-negara tersebut mengirimkan senjata buatan Amerika ke Ukraina.

Hal itu diungkapkan seorang pejabat administrasi, seorang pejabatDeplu AS dan seorang pembantu Kongres yang mengetahui masalah tersebut.

Senjata-senjata itu termasuk yang sangat dicari seperti sistem senjata anti-pesawat Amerika dari Latvia dan Lithuania yang akan membantu Ukraina menangkis pesawat Rusia yang diyakini oleh beberapa pejabat dan ahli akan memimpin pada tahap awal invasi Rusia.

Estonia diberi persetujuan untuk mentransfer sistem peluru kendali Javelin anti-tank, yang telah diberikan AS kepada Ukraina di masa lalu.



Tidak jelas kapan senjata akan tiba di Ukraina, pejabat senior administrasi mengatakan waktunya - serta harga untuk Ukraina - akan tergantung pada negara-negara yang diberi persetujuan.

"Pemerintahan Biden juga bekerja untuk mentransfer lima helikopter buatan Rusia ke kendali Ukraina," kata pejabat yang sama seperti dilansir dari CNN, Kamis (20/1/2022).

Sebuah pemberitahuan telah dikirim ke Kongres untuk helikopter, Mi-17, yang sudah berada di Ukraina untuk pemeliharaan setelah ditarik keluar dari Afghanistan selama penarikan di sana.

Departemen Luar Negeri AS mengutip koordinasi erat dengan negara-negara Eropa dan Ukraina ketika ditanya tentang transfer lisensi ekspor.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1853 seconds (0.1#10.140)